Cara menghilangkan ketombe dengan garam

By
Cara jitu menghilangkan ketombe dengan garam. Garam merupakan salah satu bahan yang dapat Anda manfaatkan untuk perawatan rambut dengan cara alami. Memang bumbu dapur yang satu ini ternyata menyimpan rahasia kesehatan yang tersembunyi. Tak hanya garam saja sesungguhnya, melainkan bumbu dapur yang lain pun juga dapat Anda manfaatkan untuk perawatan rambut, contohnya soda kue, minyak almond, dan cuka putih. Tetapi untuk pembahasan kali ini kami akan berfokus pada penggunaan garam. Apakah memang cara ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu dan membuat rasa gatal tak tertahankan? Mari baca selengkapnya.



Ketombe


Memang sesungguhnya ketombe ini tidak termasuk penyakit yang ganas, dan juga tidak mematikan. Walaupun begitu ketombe benar-benar mengganggu. Apalagi rasa gatal yang ditimbulkan. Belum lagi saat rontok ke baju berwarna hitam, maka Anda akan terlihat jorok, orang lain pun akan menganggap Anda jorok jika Anda berketombe parah. Masalah ketombe sudah membuat resah banyak orang, bahkan dari kalangan artis sekalipun. Berikut beberapa dampak negatif dari ketombe.

Mengurangi rasa percaya diri, membuat rasa bad moon muncul setiap hari – Sehingga Anda pun jadi tidak bersemangat, sulit berkonsentrasi saat kulit kepala benar-benar terasa gatal, di mana aktivitas pun akan ikut terganggu, kapanpun itu terjadi, ketombe dapat berjatuhan pada baju, ini benar-benar mengurangi kepercayaan diri, hasil garukan berlebihan menggunakan kuku lancip, dan benda tajam bisa membuat kulit kepala jadi luka dan mengalami iritasi, hasilnya saat keramas kulit kepala menjadi terasa perih, tak jarang flek juga terjadi sebagai efek lanjutan dari iritasi kulit kepala tersebut. Selain itu Anda juga selalu muncul keinginan untuk menggaruk kulit kepala yang terasa gatal karena ketombe, baik menggunakan jari tangan ataupun benda tajam yang lain, baru terasa lega, padahal ini merupakan aktivitas yang buruk bagi kesehatan kulit kepala, ketombe pun dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.

Menggunakan Garam


Ternyata garam sudah dipergunakan sejak lama, bahkan oleh orang-orang jaman dahulu. Dahulu ketika masalah ketombe muncul, orang-orang pun akan pergi ke tepian pantai, dan kemudian meraup sedikit air laut, di mana di dalam air laut terkandung garam, kemudian digosokkan pada area rambut dan kulit kepala yang terserang ketombe. Alhasil ketombe pun sirna. Ini menunjukkan bahwa garam memang benar-benar memiliki manfaat positif dalam mengatasi ketombe dengan cara natural. Mungkin Anda lebih memilih menggunakan shampoo. Tetapi jika memang ada cara natural dan lebih murah, mengapa tidak Anda coba? Apalagi cara natural ini sama sekali bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya, dan bagus digunakan untuk jangka panjang sekalipun.

Cara Memanfaatkan garam sebagai Pembasmi Ketombe


Anda siapkan garam dapur dengan takaran minimal 2 sendok, max 5 sendok, jangan lebih. Kemudian rebuslah air bersih sebanyak 1 gayung kurang lebih, tunggu mendidih, dan diamkan sejenak sampai air menjadi hangat-hangat kuku dan dapat Anda sentuh. Jangan terlalu panas karena nanti epidermis kulit kepala akan rusak. Sementara kalau terlalu dingin bisa menyebabkan garam jadi sulit diserap oleh pori-pori kulit kepala yang mengalami masalah ketombe.

Setelah itu Anda larutkan garam yang sudah disiapkan dalam air hangat tersebut dan aduk sampai rata. Siram ke bagian yang banyak ketombe, dan berikan massage ringan. Lakukan secara rutin hingga ketombe sirna seluruhnya. Sekian artikel tentang cara menghilangkan ketombe dengan garam, semoga bermanfaat.