Perbedaan antara Bulu dengan Rambut, Ternyata Ini Jawabannya

By
Perbedaan bulu dan rambut, mungkin Anda penasaran dengan yang satu ini. Contohnya yang benar itu apakah bulu kucing ataukah seharusnya rambut kucing? Juga, apakah bulu kaki ataukah rambut kaki? Biasanya masyarakat masih banyak yang sering salah dalam memakai kedua istilah atau kedua kata tersebut. Yang juga unik, hal tersebut dianggap sebagai sebuah hal yang wajar, dan tidak dianggap aneh. Meskipun sesungguhnya antara bulu dengan rambut itu mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, khususnya jika dilihat dari sisi anatomi. Mari baca selengkapnya.



Pengertian Bulu

Untuk bulu, merupakan satu struktur yang kedap air, dan menutupi permukaan tubuh unggas dan burung. Bagian paling kecil dari bulu disebut barbules, melekat di barbs, cabang pada samping dari bagian rachis, atau sumbu utama dari bulu. Beberapa kumpulan dari barbs kemudian akan membentuk sekumpulan bulu-bulu halus dengan sebutan vane. Calamus merupakan tangkai pangkal bulu penghubung bulu ke folikel kulit. Untuk warna yang ada pada bulu itu asalnya dari 3 pigmen utama. 3 pigmen utama tersebut yaitu melanin, warna hitam, coklat, dan kelabu, dan prophyrin untuk variasi warna merah, hijau, dan coklat, serta karotenoid, untuk warna merah pekat dan oranye.

Para ahli percaya jika sesungguhnya bulu merupakan perkembangan sisik reptil. Adaptasi supaya bisa terbang, serta pengaturan suhu tubuh yang dijadikan sebagai dasar teori yang kemudian memicu perkembangan bulu.

Fungsi


Terdapat 4 fungsi utama dari bulu yakni sebagai insulasi atau pengatur suhu tubuh, komunikasi, aerodinamika, serta kamuflase. Bulu dengan modifikasi bisa digunakan untuk berenang, mendengar untuk burung hantu, memproduksi suara, pada burung elang bulu berfungsi untuk sensasi tactil, serta penampilan ketika breeding.

Rambut


Untuk rambut berbeda dibandingkan dengan bulu. Di mana rambut merupakan lapisan tebal yang berasal dari rambut-rambut halus, dan menutupi kulit mamalia, di sini juga termasuk pada manusia. Apabila dilihat secara anatomis, maka rambut itu tersusun atas akar rambut, yakni bulb (knob), dan root, batang rambut atau shaft, serta ujung rambut atau top. Biasanya baik pada manusia dan hewan mempunyai struktur bagian rambut sama, beberapa di antaranya adalah korteks, kutikula, serta medulla. Tetapi demikian juga terdapat beberapa hal yang menjadi pembeda di antara rambut antara hewan dan rambut manusia.

Pada manusia, ciri rambut lebih lembut serta pigmennya tersebar di sepanjang batang rambut. Sementara untuk kutikula rambut hewan mempunyai sisik besar, dan juga medula lebar menyambung, serta korteks yang tipis. Untuk manusia kutikulanya lebih kecil, dan medusa sempit yang menyambung atau terputus, serta korteks yang tebal. Baca juga mengatasi problem rambut bercabang alami.

Perbedaan


Untuk perbedaan yang ada itu tidak hanya dari struktur saja, tetapi pemakaian istilahnya juga berbeda berdasarkan bahasa Inggris, di mana untuk menyebut istilah rambut pada seseorang digunakan kata “Hair”, sementara pada hewan kata yang digunakan untuk menggambarkan rambut menggunakan kata “Fur”. Tetapi memang terkadang orang juga menyebutnya menggunakan kata hair. Berbeda dengan bulu yang di dalam bahasa Inggris menggunakan istilah “Feather”. Tetapi Anda tak akan pernah mendengar ada orang asing yang menyebutkan bulu kucing menggunakan istilah feather, maupun bulu ayam dengan kata-kata hair, di dalam bahasa Inggris. Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan untuk perbedaan antara kedua istilah tersebut. Sekian artikel tentang perbedaan antara bulu dengan rambut, semoga bermanfaat.