Rambut Kering, Penyebab, dan Cara Mengatasi

By
Cara mengatasi rambut kering. Belakangan cara ini banyak yang mencari, terutama para wanita. Sekarang masalah rambut kering cukup sulit datang walaupun tak diundang. Sudah pasti kondisi rambut tersebut bisa sangat mengganggu penampilan, rambut tak lagi indah dan sehat seperti dulu. Impian setiap wanita dapat hilang jika kondisi rambut kering ini tak segera diatasi. Dan lagi, kondisi rambut kering dapat memiliki dampak negatif, bisa berdampak ke rambut mengembang, kesehatan rambut pun terganggu. Sekarang mari mengenali faktor penyebabnya terlebih dahulu. Mari baca selengkapnya.

Faktor penyebab kondisi rambut Kering


Zat kimia yang terlalu banyak menempel di rambut. Hal tersebut bisa terjadi karena produk perawatan rambut yang digunakan oleh seseorang. Pemakaian produk perawatan rambut sah-sah saja, tetapi ada pengecualian, gunakan produk yang memang aman serta tak membuat rambut menjadi rusak. Jangan gunakan produk yang aneh-aneh.

  • Disebabkan rambut sudah terlalu lama terpapar sinar matahari, ini juga dapat mengubah kondisi rambut lembut menjadi kering dan bahkan bisa rontok juga.
  • Rambut kering juga bisa dikarenakan terkena polusi udara, di mana polusi udara sekarang bukan hal yang aneh lagi khususnya di kota-kota besar. Di mana banyak kendaraan dan pabrik.
  • Pemakaian shampo yang salah, karena kecocokan setiap orang pada produk shampo itu berbeda-beda. Begitu pula dengan Anda. Berdasar pada faktor penyebab ini, sangat penting bagi Anda untuk menemukan produk shampo yang memang paling cocok untuk rambut Anda sendiri.
  • Memakai hairspray rambut setiap hari. Ini juga bisa mengakibatkan rambut menjadi kering, termasuk semir rambut, karena semua itu mengandung bahan kimia, walaupun sedikit.

Solusi rambut kering


Supaya bisa mengembalikan kondisi rambut agar halus dan sehat seperti semula, maka Anda harus melakukan beberapa cara perawatan. Cara merawat juga harus tepat, tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa cara perawatan yang bisa Anda coba lakukan.

Menggunakan kombinasi perasan madu dan buah lemon

Cara ini adalah cara efektif bahkan bahan-bahannya pun termasuk murah dan mudah ditemukan. Caranya yakni campur kedua bahan alami tersebut, untuk takaran masing-masing 2 sdm. Campur hingga rata, sesudahnya oleskan pada rambut. Tunggu untuk jangka waktu 40 menit (Tips: Tutup rambut menggunakan shower cup atau handuk). Apabila sudah lewat 40 menit, Anda bilaslah rambut memakai air bersih, sampai campuran tersebut tak menempel lagi di rambut.

Menggunakan buah alpukat untuk mengatasi rambut kering

Ini mungkin sudah pernah Anda baca pada artikel sebelumnya. Memang alpukat ini merupakan buah yang berkaitan erat dengan kesehatan rambut, maka akan kami tuliskan lagi. Karena Anda juga dapat memanfaatkan buah alpukat untuk rambut kering, akan sangat disayangkan apabila sampai dilewatkan. Pilih bual alpukat yang telah matang. Haluskan daging buah alpukat tersebut lalu oles secara merata di rambut. Tunggu 20 menit dan bilas sampai bersih. Hati-hati, jangan sampai ada buah alpukat yang tersisa di rambut.

Menggunakan mayones untuk menjadikan rambut halus

Menghilangkan problem rambut kering bisa menggunakan mayones juga, mungkin ini baru kali pertama Anda mendengarnya. Tetapi cara ini memang benar-benar patut untuk dicoba. Itu karena kandungan asam lemak di mayones yang dapat menjadikan rambut menjadi lebih halus dan tak kering lagi. Rambut harus dalam keadaan kering, dan oleskan mayones pada rambut sesudah keramas. Ingat! Tunggu rambut kering sebelum dioleskan. Jumlahnya berapa? 1 sdm mayones sudah cukup. Tutup memakai shower cup atau handuk untuk jangka waktu 15 menitan. Terakhir bilas lagi memakai shampo hingga bersih. Gunakan shampo herbal atau shampo bayi. Sekian artikel tentang rambut kering, penyebab, dan cara mengatasi, semoga bermanfaat.