Bagaimana membuat Rambut senantiasa sehat, dan Terlihat Hitam Berkilau?

By
Cara perawatan rambut agar rambut berkilau dan sehat. Proses merawat rambut itu memang nampak sederhana namun sesungguhnya ini merupakan sebuah hal yang dapat dikatakan gampang-gampang susah untuk dilakukan. Tetapi tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mempraktikkan bagaimana cara merawat rambut yang benar. Rambut yang nampak indah, jika Anda lihat melalui kejauhan, itu belum tentu rambut tersebut sehat. Disebabkan oleh seiring waktu yang berjalan maka kondisi rambut dapat berubah, di mana rambut berubah jadi bercabang, rontok, dan kering. Mari baca selengkapnya.

Faktor penyebab kerusakan rambut


Ada beberapa, di antaranya karena pengaruh iklim, polusi, dan paparan sinar matahari, itu semua diduga dapat memiliki peran pada perubahan serta kerusakan pada kesehatan rambut. Apalagi jika Anda sering menggunakan pelurus, blow dry, catokan atau flat iron, pewarna rambut, dan pengeriting rambut. Tetapi dengan cara merawat rambut yang benar, maka rambut Anda tetap dapat terjaga kesehatannya dan tetap terlihat indah berkilau.

Anda dapat mempraktikkan beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini. Beberapa merupakan cara herbal, sehingga lebih aman untuk Anda lakukan, walaupun dilakukan hingga beberapa kali, baik langsung saja.


Cara merawat rambut dengan makanan serta vitamin rambut yang tepat


Anda harus mengkonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Ini termasuk vitamin juga. Makanan apa sajakah itu? Antara lain makanan yang kaya akan protein, beberapa di antaranya adalah susu, kacang, telur, daging, unggas, dan ikan. Makanan yang kaya akan zat besi, beberapa di antaranya adalah kerang, kacang-kacangan, biji labu, tiram, dan bayam. Selain itu juga makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, beberapa di antaranya adalah sarden, salmon, yoghurt, dan keju. Untuk suplemen, maka suplemen biotin merupakan pilihan yang tepat. Di mana suplemen ini dapat membantu kerontokan rambut menjadi berkurang.

Apa yang harus dilakukan setelah keramas

Aktivitas keramas penting untuk menjaga kebersihan rambut. Nah, tetapi untuk rambut Anda yang masih basah setelah keramas, 3x lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Karena itu direkomendasikan bagi Anda untuk tak menggosok-gosok atau menyisir rambut ketika masih dalam kondisi basah menggunakan handuk. Sebaiknya Anda tata rambut saat telah kering 90%, Anda biarkanlah rambut kering sendirinya.

Aksesoris rambut sebaiknya diminimalkan

Pemakaian aksesoris rambut memang bagus untuk menunjang penampilan, tetapi tidak untuk kesehatan rambut Anda. Contohnya menguncir rambut, sebaiknya Anda jangan sering-sering melakukan ini, termasuk mengepang rambut, apalagi jika Anda mengepang rambut dengan terlalu kencang, saat menyisir rambut juga jangan terlalu lama, begitu pula dengan trimming rambut berkala, per 10 sampai dengan 12 minggu dalam mencegah kondisi rambut bercabang. Anda sebaiknya juga mengurangi penggunaan produk rambut yang memakai bahan kimia serta pemakaian berbagai alat penata rambut yang memakai panas. Semua itu buruk untuk kesehatan rambut Anda.

Saat Keramas

Jika sebelumnya dibahas cara merawat rambut setelah keramas, lalu bagaimana saat keramas. Anda harus memilih produk shampoo yang tepat, berdasarkan jenis rambut yang Anda miliki apakah jenis rambut kering, berminyak, ataukah jenis rambut normal. Begitu pula produk shampoo yang dipilih harus berdasarkan masalah rambut yang sedang Anda hadapi, contohnya apakah rambut Anda memiliki masalah bercabang, rontok, atau berketombe? Selain itu sebaiknya menghindari menggunakan produk shampoo dengan bahan keras, contohnya sodium lauryl sulfate, atau ammonium lauryl sulfate. Sekian artikel tentang bagaimana cara merawat rambut agar senantiasa sehat dan tetap terlihat berkilau, semoga bermanfaat.