Cara Benar untuk Merawat Rambut Rontok

By
Cara merawat rambut rontok khususnya untuk para wanita tidak boleh sembarangan. Salah-salah, kondisi rambut Anda bukannya membaik melainkan bertambah parah. Tiap bentuk dari metode atau cara perawatan yang Anda pilih itu harus didasarkan ke faktor penyebab masing-masing, dan antara satu orang dengan orang lainnya bukan memiliki faktor penyebab yang berbeda.

Androgenetic Alopecia


Biasanya penyebab rambut rontok karena Androgenetic Alopecia atau faktor genetik, di mana faktor genetik ini diwariskan dari ibu atau ayahnya. Kondisi kerontokan pada rambut dimulai saat masa remaja sudah berakhir, kemudian makin lama akan makin rontok. Di kondisi yang satu ini, rambut rontok tak membentuk pola kebotakan pada kulit kepala, berbeda dengan rambut rontok pada pria. Untuk seorang wanita, umumnya rambut rontok yang dialami itu terlihat hanya berupa penipisan rambut pada bagian atas kepala. Kurang nutrisi juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Nutrisi tersebut contohnya adalah protein, karena diet ketat jadi tubuh kekurangan protein. Untuk penyebab lainnya lagi antara lain kondisi kesehatan khusus, ketidakseimbangan hormon, dan kesalahan pada cara merawat rambut, semua itu dapat menjadi penyebab kondisi rambut rontok. Asupan gizi keseharian harus diperhatikan untuk mencegah kondisi rambut rontok ini.

Perawatan rambut Rontok menggunakan Obat Finasteride


Dikenal juga dengan nama lain Propecia. Bentuk obat rambut rontok ini berupa pil, serta hanya boleh direkomendasikan penggunaannya pada seorang pria dan harus dengan resep dokter. Obat ini memiliki efek untuk memperlambat kondisi kerontokan rambut, serta pada beberapa orang akan mengalami pertumbuhan rambut yang baru. Tetapi pemakaian obat ini juga mempunyai efek samping, contohnya adalah fungsi s*ksual yang semakin menurun, resiko kanker prostat, dan juga gairah s*ks yang berkurang. Yang berikutnya adalah obat Minoxidil.

Obat Minoxidil

Ini juga obat untuk mengatasi rambut rontok, juga memiliki nama lain rogaine. Sama saja. Minoxidil merupakan obat dengan bentuk cairan, cara menggunakan obat ini yakni dengan digosokkan pada kulit kepala, 1 hari 2 kali. Fungsi dari obat Minoxidil adalah mencegah rambut rontok, serta membantu menumbuhkan rambut.

Apabila Anda menggunakan dengan teratur sesuai dengan dosis yang dianjurkan maka seiring waktu rambut pun akan normal kembali, kerontokan berkurang dan pertumbuhan rambut kembali. Puncak efek obat Minoxidil yakni di minggu ke – 16. Untuk siapa yang boleh menggunakan obat ini, baik pria ataupun wanita boleh menggunakannya.

Efek samping

Namun memang penggunaan obat rambut rontok Minoxidil ini mempunyai efek samping negatif. Efek sampingnya yakni iritasi pada kulit kepala, rambut tumbuh pada tempat yang tak diinginkan pada lokasi yang berdekatan ke wajah, dan juga mengalami debar jantung, di mana debar jantung menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya.

Jangan stress

Pikiran bisa menyebabkan rambut rontok, contohnya karena stress. Sudah banyak orang yang mengalami rambut rontok karena mereka sering stress. Bahkan kerontokan yang Anda alami bisa berupa rontok berat. Seseorang harus pintar-pintar mengelola stress, untuk mencegah kerontokan terjadi terus. Rekreasi dan relaksasi juga penting.

Jika memang Anda hendak merawat rambut rontok dengan menggunakan obat-obatan apotik, maka Anda sebaiknya jangan sembarangan melainkan lakukan konsultasi dahulu dengan dokter. Karena ingat, berbeda faktor penyebab akan berbeda pula cara penanganan yang harus dilakukan. Apakah penyebabnya karena ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, atau berbagai penyebab lain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas. Sekian artikel tentang cara benar untuk merawat rambut rontok, semoga bermanfaat.