Cara Mengatasi Rambut Berminyak dengan Mudah

By
Cara untuk mengatasi problem rambut berminyak. Rambut indah dan sehat berkilau sudah pasti merupakan idaman atau impian semua orang, khususnya untuk kaum wanita. Ya, seperti yang sudah kami sebutkan dalam artikel-artikel sebelumnya. Tetapi bagaimana apabila justru rambut Anda nampak lepek, kusam, mengkilap, serta susah diatur, semuanya karena berminyak? Tentu itu membuat Anda tidak nyaman dan kurang percaya diri. Apakah ada cara untuk menyelesaikan problem yang satu ini? Mari baca selengkapnya.

Minyak alami


Atau sebum, itulah yang terkandung di dalam kulit kepala seseorang. Sebum ini diproduksi kelenjar minyak atau sebaceous glands. Namun seringkali kelenjar ini bekerja dengan terlalu keras, pada akhirnya minyak yang dihasilkan terlalu berlebih, dan menyebabkan kulit kepala Anda jadi berminyak, rambut juga menjadi nampak kusam karenanya, tak bernyawa, lemas, selain itu rambut juga menjadi sulit untuk ditata.

Faktor Penyebab


Sesungguhnya terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab rambut serta kulit kepala berminyak.

Mempunyai kelenjar minyak banyak di kepala

Rambut berminyak bisa diturunkan karena keturunan, dari orang tua pada anak. Apabila rambut ibu atau ayah berminyak, maka kemungkinan rambut anaknya pun akan mendapatkan kondisi yang sama

Androgen bertugas mengendalikan produksi minyak pada kulit, jika kadar hormon androgen tinggi maka akan dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak. Untuk contohnya pada remaja, misalnya pada wanita yang tengah menstruasi, wanita dengan konsumsi pil KB, maupun seseorang yang konsumsi suplemen hormonal untuk meningkatkan masa otot, dapat mengalami hal yang sama

Cara mengatasi rambut berminyak

Lalu apakah ada solusi untuk mengatasi masalah rambut berminyak ini? Rambut berkilau dan sehat dapat dimiliki siapapun, dan itu juga termasuk untuk Anda dengan problem rambut berminyak. Ada beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan sendiri di rumah, menggunakan pedoman dasar mengatasi atau mengurangi minyak di rambut yang berlebih. Untuk mencuci rambut, Anda cukup melakukannya sebanyak 2 hingga 3 x per hari. Juga jangan keramas tiap hari sebab dapat membuat minyak menjadi cepat menghilang.

Efeknya minyak justru lebih banyak diproduksi secara otomatis oleh tubuh. Karenanya, Anda sebaiknya keramas menggunakan air hangat namun pada bilasan terakhir gunakan air dingin, dengan begitu akan bisa menutup kutikula serta menjadikan rambut Anda lebih berkilau.

Selain itu juga, gunakanlah shampoo khusus yang memang untuk mengatasi rambut berminyak, dan tidak menjadikan rambut kering. Anda dapat meminta saran pada pakar kecantikan rambut, alternatifnya minta saran ke dokter. Konsumsi minuman dan makanan sehat juga penting, dan yang terakhir, Anda juga dapat menaburkan baby powder ke akar, supaya rambut terlihat tidak terlalu berminyak. Di mana bedak tabur ini dapat menyerap minyak, itulah alasannya.

Bahan alami untuk mengatasi masalah rambut berminyak

Jika Anda hendak menggunakan bahan alami, maka dapat menggunakan beberapa bahan-bahan di bawah ini.

Anda dapat memakai jus lemon. Jadi bilas rambut Anda memakai campuran 1 gelas air dengan 1 jeruk lemon. Kemudian Anda bilaslah lagi rambut menggunakan air hangat. Di mana jus lemon ini akan mampu mengontrol penumpukan shampoo pada kulit kepala.

Cara kedua adalah dengan membilas rambut memakai air teh. Di mana teh memiliki kandungan zat tannin yang bisa membantu mengatasi rambut berminyak. Juga boleh rendam rambut menggunakan campuran cuka ¼ cangkir, serta 1 baskom kecil air, terakhir bilas memakai air hangat. Sekian artikel tentang cara mengatasi rambut berminyak dengan mudah, semoga bermanfaat.