Cara Mengeriting Rambut Permanen di Rumah

By
Dalam perawatan rambut ikal permanen, biasa disebut juga dengan istilah perm atau keriting rambut permanen. Jadi ini adalah perawatan kimiawi bagi rambut yang bisa Anda gunakan dalam memberikan bentuk, ikal-ikal di rambut Anda. Perawatan yang satu ini terdiri atas 2 bagian. Yakni proses pembungkusan rambut dengan atau secara fisik, yang membentuk rambut. Yang kedua adalah proses pencucian rambut dengan cara kimiawi, yang memecah lalu memperbaharui ikatan-ikatan dari disulfide rambut. Walaupun cukup jarang dilakukan, Anda bisa menjalankan sendiri prosedur yang satu ini langsung di rumah. Apabila Anda lebih memilih untuk melakukannya di salon maka benar-benar membantu, apabila Anda bisa menjelaskan apa yang memang Anda inginkan dengan tepat dan akurat, sehingga pihak salon dapat mengerti. Mari baca selengkapnya.

Persiapan pengeritingan rambut


Anda harus memastikan jika rambut keriting permanen adalah hal yang memang benar-benar Anda inginkan. Jadi sesuai namanya, yakni perm atau permanen. Dengan begitu rambut baru yang tak keriting akan tumbuh, tetapi rambut yang selain itu berbentuk keriting, sampai dengan 6 bulan. Sesudahnya bentuknya pun akan tetap sedikit keriting. Apabila Anda mau rambut keriting Cuma untuk beberapa hari di dalam 1 minggu, maka Anda bisa mencoba rol panas, ataupun curling iron, untuk alternatif caranya. Apabila Anda mau rambut berbentuk, bergelombang, atau keriting tiap harinya. Maka pengeritingan rambut permanen merupakan cara yang sebaiknya Anda pilih. Jadi di sini tergantung pada keinginan Anda.

Mengenali jenis rambut


Benar-benar penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi dan jenis rambut. Ini adalah langkah awal yang vital untuk menentukan jenis dari pengeritingan rambut yang hendak Anda lakukan, serta dengan tujuan mengurangi efek samping kerusakan rambut, contohnya rambut rontok. Rambut yang uban, dan resistan, termasuk rambut orang Asia, rambut dengan tingkat elastisitas rendah, rambut yang kasar, rambut yang halus, rambut yang kuat, umumnya akan lebih baik jika memakai pengeritingan rambut permanen dengan sifat alkali. Sementara untuk rambut sehat dengan tingkat elastisitas baik, rambut rusak, rambut berwarna, rambut diwarnai menggunakan highlight, rambut rapuh, bisa memakai pengeritingan rambut permanen dengan sifat asam, di mana lebih ringan. Sementara itu apabila rambut Anda sudah terlalu sering diwarnai dan menjadi rusak, atau apabila jenis rambut yang Anda miliki itu tipikal rambut milik orang Afrika Amerika, maka kemungkinan terbaik yang dapat Anda ambil adalah dengan pergi ke salon. Anda dapat mencoba mencari penata rambut yang memang terspesialisasi dalam mengerjakan rambut dengan model yang Anda miliki, dengan begitu kerusakan pun dapat diminimalkan.

Mengeriting rambut permanen di rumah


Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti

  1. Anda dapat meminta bantuan teman.
  2. Membeli perlengkapan pengeriting permanen untuk rumahan.
  3. Jangan lupa membaca serta memahami petunjuk di kemasan produk pengeriting tersebut.
  4. Sisirlah rambut serta uraikan rambut kusut Anda.
  5. Cuci rambut memakai kondisioner dan shampoo.
  6. Gunakan peralatan proteksi yang tepat.
  7. Lindungi bagian kulit di lokasi seputar leher, kulit kepala, dan wajah, memakai petroleum jelly, contohnya menggunakan vaseline.
  8. Anda tempatkan handuk usang pada sekeliling pundak.
  9. Bagilah rambut jadi 4 bagian sama.
  10. Pasang batang-batang pengeriting.
  11. Kemudian Anda bubuhkan cairan pengeriting permanen.
  12. Beri suhu yang tepat untuk cairan pengeriting.
  13. Anda bilas rambut sampai benar-benar bersih bebas dari cairan pengeriting.
  14. Gunakanlah cairan penetral yang bagus.
  15. Anda keringkan rambut memakai handuk, lakukan dengan hati-hati, caranya remas-remas rambut Anda dengan memakai handuk.
  16. Rambut Anda yang telah dikeriting permanen akan memerlukan perawatan dan banyak perhatian.

Jika Anda merasa kesulitan, lebih baik untuk mengeriting rambut di salon saja. Sekian artikel tentang cara mengeriting rambut permanen di rumah, semoga bermanfaat.