Cara menghilangkan Ketombe di rambut atau kulit kepala bayi

By
Info cara menghilangkan ketombe di rambut kulit kepala bayi. Sebelumnya apakah Anda pernah melihat di kulit kepala bayi ada sesuatu yang menempel, yang terlihat seperti ketombe, jika memang Anda pernah melihatnya maka Anda tidak perlu terlalu bingung. Walaupun terlihat jorok dan kotor, tetapi sesungguhnya kondisi itu adalah sebuah kondisi yang tak memiliki hubungan pada higiene atau kebersihan bayi Anda, dan bukan kondisi yang berbahaya. Jadi tak perlu terlalu khawatir juga. Cradle crap, biasa terjadi di bayi. Rata-rata cradle crap bisa muncul sewaktu beberapa bulan pertama usia bayi, biasanya dalam kurun waktu 6 – 12 bulan kondisi tersebut akan menghilang sendirinya tanpa perlu Anda berikan pengobatan khusus.

Bayi ketombean


Sesungguhnya cradle crap tersebut tak dapat dipastikan. Tetapi beberapa ahli percaya jika hal itu disebabkan karena pengaruh hormon ibu hamil di trimester terakhir, disalurkan ke bayi. Kemudian hormon itu memproduksi minyak dengan jumlah berlebih ke kulit kepala si kecil. Untuk kemungkinan lain yang mengakibatkan bayi Anda mempunyai masalah tersebut adalah karena infeksi jamur malassezia, juga karena bakteri yang tumbuh di minyak itu. Anda tak perlu menjauhkan bayi dengan cradle crap, sebab kondisi tersebut juga bukan sesuatu yang menular.

Gejala ketombe pada bayi


Gejala dari cradle crap pada seorang bayi antara lain kemungkinan dibarengi dengan warna kemerahan, muncul sisik dengan warna kuning dan putih di kulit kepala bayi yang menjadi kering atau berminyak, dan muncul kerak kulit yang tebal pada kepala bayi. Rata-rata cradle crap tak membuat kulit kepala bayi gatal. Tetapi hal tersebut mungkin saja dapat terjadi, khususnya apabila kondisi ketombe pada kulit kepala bayi sudah dalam tahap parah.

Cara mengobati cradle crap pada kulit kepala bayi

Sesungguhnya penanganan medis khusus terkait cradle crap tidak perlu untuk Anda lakukan. Sebab sifat dari cradle crap tersebut tak berbahaya, bisa menghilang sendirinya tanpa harus diberikan pengobatan. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan perawatan rumahan saja.

Sebelum sesi keramas dimulai, Anda dapat memberikan pijatan lembut ke kulit kepala bayi menggunakan baby oil, petroleum jelly, minyak zaitun, dengan tujuan membantu sisik atau kerak tersebut mengelupas. Kemudian diamkan untuk jangka waktu kurang lebih 15 menitan. Sesudahnya, Anda basahi kulit kepala bayi kemudian gosok-gosokkan dengan lembut, memakai sikat gigi atau sikat bulu yang lembut, lakukan selama beberapa menit, hingga kerak yang ada rontok semua. Setelah itu, Anda dapat mulai menggunakan shampoo bayi. Anda bilaslah sampai bersih kemudian keringkan menggunakan handuk. Jangan lupa untuk memastikan supaya tak terdapat sisa minyak di kulit kepala si kecil, sebab hal tersebut bisa mengakibatkan pori-pori kulit bayi jadi tersumbat. Hal itu juga bisa membuat kerak jadi melekat di kulit kepala bayi. Supaya Anda bisa menghilangkan minyak itu dengan mudah, maka Anda dapat membiarkan shampoo di kulit kepala bayi untuk beberapa menit, sebelum Anda membilasnya.

Apabila sesudah Anda melakukan perawatan tersebut masih melihat ketombe atau cradle cap muncul. Atau mungkin kondisinya menjadi semakin parah. Contohnya kerak menyebar, atau timbul pendarahan. Maka segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang benar. Bayi Anda juga disarankan untuk menggunakan shampoo ketombe bagi orang dewasa, apabila keramas teratur tak dapat mengatasi cradle crap tersebut. Tetapi hati-hati jangan sampai shampoo terkena mata si kecil, karena perih.

Iritasi

Sementara itu apabila kulit kepala bayi mengalami iritasi, maka biasanya dokter bisa memberikan resep atau membuatkan resep krim cortisone, maupun obat anti jamur yang lain, khususnya apabila kulit kepala si kecil terinfeksi oleh jamur. Sekian artikel tentang cara menghilangkan ketombe di rambut atau kulit kepala bayi, semoga bermanfaat.