Cara Menyelesaikan Masalah Rambut Rontok sesudah Melahirkan

By
Problem rambut rontok sesudah melahirkan itu seringkali menjadikan para wanita panik. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa mengakibatkan terjadinya kebotakan, dan mengurangi kepercayaan diri para wanita, bahkan parahnya bisa mengakibatkan stress yang berefek buruk pada kesehatan. Sesungguhnya kondisi kerontokan rambut untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan itu adalah sesuatu yang umum dan normal, jadi tidak perlu Anda khawatirkan. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada kaum hawa sesudah beberapa bulan semenjak kelahiran bayi. Tetapi sering waktu berjalan, kondisi tersebut akan membaik seperti sedia kala, rambut pun akan tumbuh lagi secara normal, paling tidak sampai dengan usia tahun pertama si kecil. Mari baca selengkapnya.

Kondisi di balik kerontokan rambut sesudah melahirkan


Sesungguhnya kondisi tersebut dapat terjadi tiap hari, jadi rambut rontok bukan hanya terjadi sesudah seorang wanita melahirkan saja. Hal itu adalah siklus normal dari pertumbuhan rambut. Namun ketika seorang perempuan menjalani yang namanya proses kehamilan maka mereka tak akan mengalami yang namanya siklus kerontokan rambut tersebut, dikarenakan kadar dari hormon estrogen dalam tubuh yang mengalami lonjakan, dengan begitu fase pertumbuhan rambut pun akan diperpanjang, dengan demikian lebih sedikit rambut mengalami kerontokan. Itu alasan mengapa ketika dalam masa-masa kehamilan, seorang wanita bisa mendapatkan rambut dengan kondisi lebih tebal dibandingkan sebelum mereka hamil.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan jika fenomena kerontokan rambut sesudah melahirkan adalah sebuah proses yang memiliki kaitan erat pada jumlah hormon di dalam tubuh. Dan Anda tidak perlu terburu-buru panik dan beranggapan apabila tubuh kekurangan vitamin atau zat gizi, bukan itu penyebabnya.

Produksi Hormon Estrogen


Sesudah seorang wanita melahirkan, maka produksi hormon estrogen pun akan kembali ke level normal, jadi rambut yang seharusnya telah rontok pun akan melanjutkan pada siklus normal. Itulah alasan mengapa jumlah rambut rontok menjadi terlihat lebih banyak dibandingkan biasanya. Keadaan ini umumnya akan berlangsung di beberapa bulan awal sesudah Anda melahirkan, sampai dengan anak Anda berusia 6 bulan. Untuk sebagian kasus, juga ada para wanita yang mengalami fase tersebut sampai 1 tahun lamanya.

Cara mengatasi rambut rontok sesudah melahirkan dengan perlakuan pada rambut

Perlakuan Anda pada rambut harus tepat, dengan begitu tingkat keparahan dapat dikurangi. Perlakuan lembut itu contohnya adalah dengan Anda menggunakan gaya rambut yang minim akan tekanan. Karenanya, beberapa gaya rambut yang harus Anda hindari antara lain menguncir, mengepang, serta mengikat rambut ekor kuda. Selain itu saat menyisir rambut, Anda juga harus melakukannya dengan lembut, khususnya ketika rambut Anda basah sesudah keramas, sebab pada waktu tersebut, kondisi rambut menjadi lebih rapuh, dan rambut rawan patah atau rontok.

Menggunakan Shampoo untuk menebalkan rambut

Ada produk shampoo penebal rambut yang dapat Anda pilih. Dengan memilih produk tersebut, maka Anda dapat mengantisipasi rambut rontok sesudah Anda melahirkan, Anda sebaiknya mencoba cara ini, lagipula harganya juga tidak terlalu mahal, sama seperti harga shampoo pada umumnya. Produk jenis ini, biasanya dilengkapi dengan kandungan protein yang memiliki fungsi untuk melapisi rambut. Dan juga jenis shampoo serta kondisioner dengan kandungan silika dan biotin itu diprediksi dapat berguna untuk membantu para wanita dalam melewati fase yang membuat banyak wanita cemas tersebut. Sekian artikel tentang cara menyelesaikan masalah rambut rontok sesudah melahirkan, semoga bermanfaat.