Cara merawat Rambut ketika Cuaca Panas

By
Merawat rambut ketika cuaca panas, ketika sudah pergantian musim, cara merawat tubuh yang harus Anda lakukan juga akan berbeda. Sebagai contoh yang jelas, saat musim kemarau atau musim panas, maka kulit Anda akan membutuhkan sunscreen yang lebih sering dibandingkan hari-hari biasa yang Anda lalui. Saat Anda bermain di lokasi pantai ketika musim kemarau tiba, maka lotion pun akan Anda butuhkan, dengan tujuan mengurangi efek karena terbakar matahari. Lalu bagaimana dengan menjaga kesehatan rambut? Apakah memang rambut juga membutuhkan perlakuan yang sama? Apakah perawatan khusus sebaiknya Anda lakukan, ketika rambut Anda sering terpapar oleh panas terik matahari? Mari baca selengkapnya.

Dampak buruk sinar matahari pada rambut


Memang sinar matahari tidak hanya akan memiliki dampak negatif terhadap kulit saja, melainkan juga dapat merusak rambut Anda. Sesudah terpapar oleh sinar matahari, maka kelembaban rambut akan berkurang. Dan karenanya rambut pun dapat berubah menjadi kusam dan kering, selain itu rambut juga dapat mengalami kondisi kekurangan nutrisi. Anda memang tak dapat melakukan apapun pada perubahan cuaca, karena itu di luar kendali Anda, tetapi Anda juga tidak mungkin hanya berdiam diri di rumah seharian dan tidak melakukan aktivitas apapun, tidak pergi ke tempat-tempat lain di luar rumah. Jadi bukan itu cara yang tepat, melainkan Anda harus mencari cara untuk merawat rambut supaya kesehatannya tetap terjaga, walaupun terpapar oleh cuaca panas atau terik matahari.

Cara-cara Perawatan rambut


Berikut di bawah ini merupakan beberapa alternatif pilihan cara yang dapat Anda lakukan ketika panas terik menerjang.

Jangan mengeriting rambut

Sebisa mungkin Anda sebaiknya menghindari mengeriting rambut. Di mana gaya rambut tertentu dan sama memang terkadang membuat Anda merasa jenuh atau bosan. Tidak jarang pada akhirnya Anda tergoda mengeriting rambut menggunakan alat pengeriting. Memang mungkin rambut ikal Anda tidaklah rapuh, tetapi kerusakan bisa mengakibatkan kutikel rambut berubah menjadi kasar, dan akan membuat molekul air pada udara lembab jadi menembus batang rambut, dan kemudian mengembang. Cara untuk menyelesaikan problem ini yakni memakai serum dengan bahan dasar silikon, dengan tujuan membuat rambut menjadi lebih halus. Produk untuk penataan rambut ini bisa membantu dalam melembutkan kutikel rambut, juga membantu dalam mencegah penyerapan molekul air yang berasal dari udara. Style rambut yang cocok ketika cuaca panas yakni kuncir kuda, cepol, dan kepang.

Minum air dengan jumlah mencukupi

Anda juga sebaiknya minum air dengan jumlah yang mencukupi, di mana ini dibutuhkan oleh tubuh. Rambut yang terhidrasi akan menjadi lebih sehat. Walaupun cuaca di sekitar sedang panas, tubuh tak akan kehilangan cairan terlalu banyak. Semakin cuaca panas, maka Anda harus minum air dengan jumlah yang lebih banyak juga, untuk mengimbanginya. Dengan begitu, air yang Anda minum akan bisa membantu dalam menggantikan cairan tubuh yang sebelumnya hilang karena panas, dengan demikian rambut Anda pun tetap akan dalam kondisi sehat dan terjaga.

Hindari mewarnai rambut

Sebab mewarnai rambut saat musim kemarau justru bisa membuat rambut Anda menjadi rusak dan kering. Apabila memang Anda benar-benar mau mewarnai rambut, maka Anda sebaiknya melakukan hal tersebut ketika sedang tak banyak aktivitas, aktivitas yang mewajibkan Anda untuk beraktivitas di bawah panas terik matahari.

Sekarang jangan takut rambut Anda rusak karena cuaca panas terus menerus, dan rambut terpapar sinar matahari terlalu lama. Karena Anda sudah mengetahui bagaimana cara merawatnya yang benar. Silahkan dibookmark situs ini. Sekian artikel tentang cara merawat rambut ketika cuaca panas, semoga bermanfaat.