Cara Merawat Rambut Pendek supaya Tetap Cantik dan Sehat

By
Cara merawat rambut pendek. Walaupun memang rambut panjang itu sudah bukan hal yang baru lagi, menjadi idaman tiap wanita, tetapi untuk beberapa wanita yang memang kesehariannya cukup sibuk, maka rambut pendek menjadi pilihan favorit, karena mereka anggap rambut pendek itu lebih praktis. Walaupun begitu, tidak berarti Anda boleh absen dalam menjaga kesehatan, juga kecantikan dari rambut pendek tersebut.

Merawat Rambut pendek wanita


Untuk menjaga penampilan dan kesehatan dari rambut pendek yang Anda miliki, maka Anda dapat mencoba mengikuti beberapa tips yang kami sarankan di bawah ini. Rambut pendek juga sama-sama harus dijaga, sama seperti rambut panjang. Untuk cara merawat atau memelihara rambut pendek untuk wanita itu sudah pasti berbeda dengan cara perawatan rambut pendek pada seorang pria. Di mana para wanita membutuhkan variasi cara supaya rambut pendek mereka tetaplah terlihat cantik serta terurus dengan sempurna. Jadi memang sedikit lebih sulit. Mari baca selengkapnya

Pemilihan produk perawatan rambut jangan sembarangan


Dalam usaha untuk menjaga kesehatan dari rambut pendek, maka Anda dalam memilih produk untuk merawat rambut, harus yang paling sesuai dan paling tepat, sebagai contoh dalam memilih shampoo, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Di mana Anda harus menyesuaikan pemilihan shampoo tersebut berdasarkan jenis rambut. Semisal Anda mempunyai jenis rambut kering, sebaiknya Anda memilih shampoo yang memiliki kandungan minyak natural, untuk contohnya adalah minyak argan, minyak kelapa, minyak alpukat, dan minyak biji anggur, juga boleh menjadi pilihan.

Bagi rambut yang tak memiliki masalah, maka Anda dapat menggunakan produk shampoo yang bisa membantu untuk menjadikan rambut Anda menjadi terlihat lebih mengembang. Umumnya di kemasan shampoo yang hendak Anda beli ada tertulis kata-kata “Volumizing”, di mana ini berarti shampoo tersebut berguna untuk menambah volume dari rambut. Apabila rambut pendek Anda sudah pernah menjalani proses pewarnaan rambut, maka Anda sebaiknya memilih shampoo yang memang khusus bagi rambut tersebut. Dan untuk Anda dengan jenis rambut berminyak, maka sebaiknya menghindari memakai pelembut rambut, serta memakai shampoo yang memang khusus bagi rambut berminyak.

Keramas jangan terlalu sering

Dalam usaha untuk menjaga keindahan, plus kesehatan rambut pendek, maka Anda sebaiknya menghindari mencuci rambut keseringan. Alasannya karena kebiasaan tersebut dapat menjadikan rambut Anda kering, karena kehilangan pelembab alami yang seharusnya ada di rambut. Karena itu dapat membuat rambut Anda menjadi terlihat kurang sehat. Dan semakin jarang Anda keramas menggunakan shampoo maka akan semakin sedikit juga produk perawatan rambut yang harus Anda gunakan. Di mana Anda cukup keramas sebanyak 1 sampai dengan 2 kali untuk jangka waktu 1 minggu, ini berlaku bagi Anda dengan rambut normal. Sementara bagi Anda yang memiliki jenis rambut berminyak, maka Anda sebaiknya keramas lebih sering untuk jangka waktu 1 minggu tersebut.

Cara menata rambut yang Tepat, Tanpa Merusak Rambut

Anda harus memperhatikan juga cara menata penampilan rambut pendek yang Anda miliki. Dalam usaha untuk memperoleh hasil tatanan rambut yang memang benar-benar Anda mau, contohnya blow, maka Anda perlu memakai pengering rambut. Anda coba arahkan pengering rambut dari posisi atas ke bawah, dan jangan memakai terlalu dekat, sampai menyentuh rambut, jangan lakukan itu, untuk level panasnya, gunakan tingkatan panas sedang. Agar tak merusak rambut.

Eksperimen dengan Rambut jangan Terlalu Sering

Umumnya saat seorang wanita mempunyai model rambut yang baru, maka akan senang sekali mencoba bereksperimen pada rambut tersebut. Contohnya mengeringkan rambut, mengecat rambut, menambahkan gel. Tetapi dari itu semua, Anda harus mengusahakan supaya tak terlalu sering dalam melakukan eksperimen pada model rambut pendek. Apabila rambut pendek Anda rusak nantinya maka akan menjadi bercabang, kering, dan yang pasti akan mengakibatkan berbagai masalah rambut yang lain. Yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan solusi untuk masalah tersebut juga cukup rumit. Oleh karena itu Anda harus mengusahakan saat memang benar-benar hendak melakukan eksperimen. Anda dapat melakukannya ketika memotong rambut, dengan begitu eksperimen tidak akan sembarangan, sebab Anda dapat berkonsultasi pada pihak salon terlebih dahulu. Di mana mereka sudah pasti lebih mengerti tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari, untuk menjaga agar rambut pendek Anda tidak rusak dan kesehatannya tetap terjaga.

Pemakaian conditioner

Untuk Anda wanita berambut pendek yang menggunakan conditioner, maka rambut pendek Anda harus dijaga dengan baik agar kelembutannya terus dapat terjaga. Sesudah Anda selesai keramas, maka Anda dapat memakai produk conditioner dengan tujuan menjaga kesehatan rambut. Juga, Anda dapat melakukan perawatan creambath 1x dalam jangka waktu 1 minggu, 2 minggu, boleh juga dalam 1 bulan. Di mana itu semua tergantung pada kondisi dari kesehatan rambut Anda masing-masing, karena masing-masing orang akan memiliki kondisi kesehatan rambut yang tidak sama.

Makanan Sehat

Ini juga penting untuk Anda ingat, apa yang Anda makan akan mempengaruhi kondisi rambut Anda secara tidak langsung. Di mana rambut yang baik itu dapat terlihat berdasarkan jenis makanan yang sehari-hari dikonsumsi. Anda harus ingat bahwa rambut juga merupakan bagian tubuh yang memerlukan asupan nutrisi dari dalam. Jadi tidak terbatas dari luar saja, contohnya keramas dan perawatan. Untuk jenis makanan apa saja yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa contoh makanan tersebut antara lain ikan, telur, susu rendah lemak, dan daging. Juga, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan dengan kandungan omega 3, contohnya adalah salmon, ikan makarel, tidak lupa yoghurt.

Cara menata bentuk rambut tetapi tidak merusaknya

Sewaktu-waktu Anda mungkin bosan dengan bentuk rambut yang begitu-begitu saja atau yang sudah biasa Anda gunakan, dan Anda ingin menggantinya dengan model rambut yang baru. Di mana rasanya Anda hendak menata rambut menggunakan gaya yang baru dan terlihat berbeda. Jika memang itu yang ingin Anda lakukan, maka Anda dapat menggunakan hair dryer atau catokan dalam memperbaiki bentuk rambut Anda. Anda dapat menggunakan cara tersebut sesekali saat hendak menghadiri acara yang penting, dengan begitu penampilan Anda akan terlihat luar biasa, rambut pun tak beresiko rusak karena penataan yang berlebihan.

Gunting rambut Secara Teratur

Memiliki rambut pendek, cara perawatan yang harus Anda lakukan memang berbeda dengan merawat rambut panjang. Di mana untuk rambut panjang itu memang tak perlu digunting terlalu sering. Tetapi untuk rambut pendek, Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda. Di mana rambut pendek wajib untuk digunting dengan teratur. Tentu ada alasan di balik ini semua. Anda harus mengusahakan untuk gunting rambut pendek per 3 sampai dengan 7 minggu 1x, supaya bentuknya tetap terlihat rapi. Selain itu, dengan menggunting rambut secara teratur maka ujung rambut yang kering atau bercabang juga dapat segera diatasi. Di mana ujung rambut bercabang dan kering sering menjadi masalah bagi para wanita dengan rambut pendek.

Membuat Rambut pendek Terlihat lebih bervolume

Dengan memiliki rambut pendek yang terlihat lebih bervolume akan membuat Anda menjadi terlihat lebih menarik, selain itu rambut tak akan terlihat lepek. Supaya Anda bisa mendapatkan kondisi rambut pendek yang seperti itu, maka Anda dapat mencoba memakai sisir bergigi rapat, atau untuk alternatif lainnya menggunakan sisir dengan bentuk bulat, dengan begitu rambut pendek Anda pun akan menjadi terlihat lebih bervolume dibandingkan sebelumnya.

Juga sesudah Anda keramas, Anda biarkanlah rambut untuk kering dengan sempurna, sebelum Anda melakukan penataan rambut menggunakan sisir. Dengan begitu rambut Anda pun akan menjadi terlihat lebih mengembang, dibandingkan Anda langsung menata menggunakan sisir. Mudah sekali bukan? Ternyata hanya itu tips sederhana untuk membuat rambut pendek Anda menjadi terlihat lebih mengembang dari sebelumnya.

Menyisir Blow untuk tata rambut

Tips berikutnya, mungkin beberapa dari bagian tips ini sama seperti yang sebelumnya. Hanya ada perbedaan sedikit. Baik, langsung saja. Tips berikutnya ini juga wajib untuk Anda perhatikan, terkait penataan rambut. Di mana Anda dapat menyisir rambut pendek dengan menggunakan blow, atau menyisir blow. Mengapa Anda kami sarankan melakukan hal tersebut? Sebab dengan menyisir blow, maka rambut pendek yang Anda miliki pun akan nampak lebih tebal daripada sebelumnya. Jika dilihat dari sisi style, rambut pendek juga perlu diberikan tatanan rambut menggunakan sisiran panjang dan tipis. Untuk syarat utama, sisir yang Anda pilih itu harus sisir yang memiliki gigi rapat, dengan begitu akan bisa membentuk tiap helai dari rambut pendek yang Anda miliki tersebut.

Rajin disisir

Anda tentunya juga wajib untuk melakukan aktivitas ini, rajin menyisir, sebab sekarang rambut yang Anda miliki itu sudah pendek. Tidak sedikit orang yang memiliki pendapat jika Anda tetap rajin sisiran rambut, peredaran darah di rambut disebutkan akan tetap lancar, dengan begitu Anda pun akan dapat memperoleh rambut pendek yang tidak hanya terlihat segar dan indah saja, melainkan juga sehat.

Konsumsi makanan sehat untuk Menyuburkan rambut

Berikutnya Anda juga harus rajin memakan makanan yang dapat memberikan nutrisi untuk membantu menyuburkan rambut. Untuk makanan yang boleh Anda konsumsi dengan sering yakni sayuran dan buah-buahan, makanan ini juga kaya akan serat, jadi baik juga untuk pencernaan. Selain itu untuk membantu menyuburkan rambut, tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsinya. Tak lupa, pancaran kecantikan dari rambut pendek juga akan menjadi lebih bersinar dan rambut pendek yang Anda miliki menjadi terlihat lebih cerah.

Kesimpulan

Itulah beberapa proses atau hal yang dapat Anda coba lakukan dalam menjaga kesehatan rambut pendek. Memang caranya tidak sulit, dan sesungguhnya tidak terlalu banyak hal yang perlu Anda lakukan. Bahkan beberapa di antara cara di atas tidak membutuhkan biaya yang mahal, kecuali perawatan di salon, contohnya creambath. Walaupun begitu beberapa salon kecil juga menawarkan perawatan creambath dengan tarif yang terjangkau, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir juga. Ingat, Anda jangan pernah malas meskipun perawatan yang Anda lakukan itu memerlukan usaha lebih banyak. Sekian artikel tentang cara merawat rambut pendek supaya tetap cantik dan sehat, semoga bermanfaat.