Cara Merawat Rambut supaya Tak Kering tetapi Tanpa Keluar Uang

By
Bagaimana cara merawat rambut supaya tak kering tetapi tanpa keluar uang atau duit. Merawat rambut memang tak mudah apabila Anda masih belum paham dan juga belum kenal dengan apa jenis rambut yang Anda miliki. Anda dapat memulai dari mengetahui terlebih dahulu jenis rambut yang Anda miliki, dengan begitu Anda bisa merawatnya dengan benar dan baik. Mari baca selengkapnya.

Jenis rambut berminyak


Apabila rambut yang Anda miliki adalah jenis rambut berminyak, terdapat beberapa faktor penyebab yang menjadikan rambut berminyak, beberapa contohnya adalah karena aktivitas hormon terlalu tinggi, faktor keturunan, jarang hingga terlalu sering mencuci rambut juga dapat mengakibatkan rambut jadi berminyak. Disarankan apabila Anda memang termasuk seseorang dengan jenis rambut seperti itu, Anda bisa memakai conditioner dan shampoo yang sifatnya ringan. Dan Anda jangan memakai sikat rambut, ataupun memegang rambut dengan terlalu berlebihan, sebab kelenjar sebum dapat terstimulasi karenanya. Disarankan Anda memakai sisir biasa dibandingkan sikat rambut.

Rambut termasuk ke dalam kategori rusak dan kering, Anda sebaiknya memakai conditioner dengan kandungan pelembab. Anda sebaiknya menghindari melakukan pengeritingan dan mewarnai rambut, dengan begitu rambut Anda dapat selalu ada dalam keadaan yang baik. Ketika Anda menggunakan shampoo Anda juga sebaiknya menggosok rambut (Kulit kepala) secara lembut terlebih dahulu, sehingga kulit kepala pun akan terasa nyaman.

Untuk rambut kombinasi memiliki ciri berupa kulit kepala yang berminyak tetapi ujung rambutnya kering. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pengaruh zat kimia keras. Cara menghindari stimulasi berlebihan dari kelenjar sebum, maka Anda dapat memakai sisir dibandingkan menggunakan sikat rambut. Pakai produk shampoo Cuma di daerah kulit kepala, serta kondisioner di ujung rambut. Juga jangan lupa lakukan pengguntingan di ujung rambut tiap 6 minggu, dengan tujuan menghindari ujung rambut pecah.

Proses penuaan


Ini juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Begitu pula dengan faktor keturunan dan perubahan pada hormon tubuh, contohnya karena melahirkan. Juga karena faktor penggunaan beberapa jenis obat-obatan tertentu, dapat mengakibatkan kondisi rambut rontok terjadi. Untuk rambut rontok yang dialami oleh tiap orang itu rata-rata antara 100 sampai dengan 200 helai per harinya. Jika Anda ingin menghindarinya, maka Anda disarankan jangan terlalu keras ketika menyisir serta mencuci rambut, lakukan dengan perlahan saja.

Cara Merawat

Berikut terkait aktivitas yang sebaiknya Anda jalankan tiap hari. Anda harus menentukan seberapa sering Anda hendak mencuci rambut. Di sini tak ada patokan baku mengenai berapa kali dalam sehari Anda itu harus mencuci rambut. Tetapi apabila memang Anda kerap melakukan aktivitas di luar ruangan, maka Anda harus mencuci rambut tiap hari, agar terjaga kebersihannya.

Juga, Anda sebaiknya menghindari kebiasaan menggaruk kulit kepala ketika sedang mencuci rambut, karena melakukan itu dapat membuat kulit kepala jadi tergores dan terluka, apalagi jika kuku Anda tajam. Apabila melakukan hal tersebut juga dapat menjadikan pelembab alami pada kulit kepala jadi berkurang. Anda dapat melakukan massage ringan di bagian dari kulit kepala. Yang berikutnya, dalam mengatasi problem rambut yang benar-benar kering, Anda dapat memakai kondisioner sesudah keramas. Juga jangan lupa untuk membilas sisa dari shampoo ketika Anda mengoleskannya pada rambut. Apabila kondisi rambut tengah rusak saat ini, maka Anda biarkan rambut mengering dengan alami. Bisa dengan membungkus rambut memakai handuk cukup lembut dan tebal. Juga hindari menggosok rambut memakai handuk tersebut, sebab rambut dapat menjadi lebih kusut karenanya. Sekian artikel tentang perawatan rambut murah agar rambut tak kering, tak perlu keluar uang, semoga bermanfaat.