Faktor penyebab kulit Gatal serta Cara mengatasinya

By
Penyebab kulit gatal dan cara menyembuhkannya. Kulit kepala gatal memang benar-benar mengganggu. Kondisi tersebut dapat diakibatkan karena macam-macam masalah kesehatan pada kulit kepala, bisa dari masalah kulit kepala yang termasuk ringan sampai yang parah. Tetapi memang sangat disayangkan kulit kepala gatal itu tak hanya dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, kesegaran rambut terganggu, tetapi ternyata penampilan pun dapat terganggu. Itu karena kulit kepala yang gatal terkadang diikuti adanya serpihan putih pada kulit kepala, atau yang disebut ketombe. Mari baca selengkapnya.

Faktor penyebab kulit kepala terasa gatal


Untuk mengetahui bagaimana cara mengobati kulit kepala gatal, maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda pun akan bisa memberikan perawatan yang sesuai. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab yang mendasari kondisi kulit kepala gatal tersebut.

Ketombe


Ini adalah penyebab kulit kepala terasa gatal yang banyak terjadi. Umumnya ketombe dapat diakibatkan oleh infeksi jamur, di mana jamur tersebut tumbuh dengan berlebihan pada kulit kepala, kemudian mengakibatkan minyak dan sel-sel mati pada kulit kepala muncul. Kondisi tersebut yang menyebabkan serpihan kulit kepala yang mengelupas, serta rasa gatal pada kulit kepala Anda. Juga, ketombe dapat muncul dikarenakan kulit kepala sensitif pada penggunaan produk tertentu. Dan juga pemakaian banyak produk perawatan atau penataan rambut, maupun karena mencuci rambut keseringan.

Kurap

Biasanya kurap akan mengakibatkan ruam pada pinggiran, jadi terasa menonjol serta berwarna kemerahan, layaknya cacing. Membentuk cincin. Kurap ini adalah infeksi jamur yang berasal dari lapisan luar dari kulit kepala dan juga rambut. Tanda-tanda yang muncul dari kurap itu bermacam-macam, antara lain kulit kepala menjadi terasa gatal, ada bagian kepala yang mengalami kurap dan menjadi botak karenanya, serta kulit kepala yang bersisik. Gangguan kurap pada kulit kepala itu termasuk ke dalam masalah kulit kepala yang sifatnya menular, serta paling sering menyerang anak pada usia sekolah.

Psoriasis

Ini karena sel kulit kepala tumbuh terlalu cepat, dan membentuk bercak tebal serta warna kemerahan. Ditutupi serpihan serta sisik dengan warna keperakan. Gejalanya yakni ketombe menempel di batang rambut, juga bercak keperakan tebal, dapat berdarah apabila diangkat atau dikupas dari kulit kepala. Bisa menyebar sampai keluar dari garis rambut. Selain itu Psoriasis juga mengakibatkan rasa gatal dan sakit, dan juga dapat muncul di bagian tubuh yang lain.

Cara menyembuhkan gatal karena ketombe

Jika kondisinya tak parah, maka Anda dapat memakai produk shampoo dengan kandungan zinc pyrithione, minyak pohon teh, atau selenium. Minyak esensial pohon teh juga dapat Anda gunakan jika Anda hendak memakai bahan yang alami. Itu semua berkat kandungan anti bakteri dan anti fungalnya.

Cara menyembuhkan gatal karena kurap

Untuk gatal karena kurap, dokter umumnya akan meresepkan kepada Anda shampoo khusus. Di mana shampoo tersebut dapat menghilangkan infeksi jamur pada kulit kepala. Juga pemberian obat-obatan or*l antifungal, yang dikonsumsi untuk kurang lebih 6 minggu lamanya. Contohnya obat dengan kandungan terbinafine, dan griseofulvin.

Cara menyembuhkan gatal karena psoriasis

Untuk yang kondisi ringan – sedang, dapat memakai produk sampo dengan kandungan salicylic acid, atau asam salisilat, krim atau minyak dengan kandungan coal tar, atau belangkin atau ter batubara. Selain itu bisa menggunakan pelembab dengan bentuk salep oles, maupun cuka apel. Itu untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala yang mengganggu. Campurkan 2 sendok cuka apel dengan 2 sendok air, oles pada kulit kepala, tunggu 10 menit, setelahnya cuci. Anda dapat melakukan itu untuk satu minggu.

Jika kondisi dirasa sudah cukup berat. Maka disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi ke dokter kulit. Sekian artikel tentang faktor penyebab kulit gatal serta cara mengatasinya, semoga bermanfaat.