Gunting rambut Cukup sedikit saja dapat memberikan Manfaat yang banyak

By
Gunting rambut cukup sedikit saja sudah bisa memberikan Anda banyak manfaat. Kegiatan gunting rambut dengan teratur memang bisa membantu mencegah juga mengatasi problem rambut bercabang. Tak hanya itu, dengan membuang rambut di bagian tertentu diyakini bisa membantu menjadikan rambut lebih sehat. Tak hanya mencegah juga mengatasi rambut bercabang saja, tetapi dengan Anda menggunting rambut dengan rutin dapat memperoleh berbagai manfaat positif yang lain, yang akan menjadi pokok pembahasan kali ini. Mari baca selengkapnya.

Manfaat gunting rambut dengan rutin


Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat positif yang dapat Anda peroleh jika Anda rajin gunting rambut.

Mencegah sekaligus mengatasi masalah rambut bercabang


Di rambut terdapat lapisan paling luar yang memiliki tekstur yang paling keras. Adapun nama lapisan tersebut adalah kutikula. Kutikula ini memiliki fungsi untuk melindungi lapisan rambut yang sebelah dalam, atau korteks.

Saat penataan rambut dilakukan, contohnya bleaching, pelurusan, pengeritingan, dan pewarnaan rambut, maka dapat menyebabkan kutikula menjadi rusak ataupun terbuka, karena itu akan tampak korteks bertekstur kasar.

Oleh sebab itu rambut bisa terlihat kering, kusam, dan kasar. Jika terlalu sering terpapar oleh bahan kimia yang terdapat dalam shampoo, sinar UV, dan polusi udara, maka bisa melemahkan korteks sekaligus akhirnya dapat menjadikan korteks patah, dan membuat rambut jadi patah.

Keadaan patah ini dapat terjadi di bagian rambut yang lokasinya dekat dengan kulit kepala maupun bagian ujung rambut. Kondisi rambut bercabang tersebut merupakan kondisi di mana patahnya rambut terjadi di bagian ujung. Meskipun kondisioner rambut tertentu bisa membantu dalam melingkupi ujung rambut bercabang, tetapi tetap saja hal itu tak dapat benar-benar memperbaiki struktur rambut yang Anda miliki.

Kemudian apa yang harus Anda lakukan apabila memang rambut sudah terlanjur bercabang? Untuk itu Anda tak perlu khawatir. Direkomendasikan bagi Anda untuk dengan rutin gunting rambut dalam kurun waktu 6 s/d 8 minggu 1 X, dengan tujuan menangani serta mencegah kondisi rambut bercabang datang kembali.

Rambut panjang lebih cepat

Sering ada anggapan apabila ujung rambut semakin sering dipotong maka rambut menjadi panjang dengan lebih cepat. Karena itu ada orang yang memang dengan sengaja memotong ujung rambut mereka satu bulan satu kali. Fakta menunjukkan rambut yang tumbuh sepanjang ½ inci per bulannya. Apabila Anda memotong hingga tiap bulan, maka rambut Anda itu sama dengan tidak bertambah panjang sama sekali. Pada sisi lainnya, percabangan di rambut bisa berkembang mulai hanya pada ujung rambut sampai dengan naik hingga batang rambut. Hal tersebut bisa mengganggu proses pertumbuhan rambut. Dengan seseorang memotong ujung rambut sedikit, pada bagian dengan percabangan maka bisa membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu direkomendasikan bagi Anda untuk menggunting rambut dengan rutin setiap 6 sampai dengan 8 minggu 1 X saja sudah cukup. Inti yang dapat diambil dari sini adalah apabila Anda hendak memanjangkan rambut maka Anda harus memastikan terlebih dahulu, apabila rambut berada di dalam kondisi yang sehat. Anda dapat menggunting rambut hanya bagian yang rusak saja.

Kegiatan gunting rambut kerap dianggap tidak berarti apapun. Atau mungkin Anda melihatnya sekedar memangkas rambut hanya sedikit. Tetapi sebenarnya kegiatan tersebut bisa menjadi upaya atau usaha untuk menjaga supaya rambut tetap sehat, cantik, dan juga terawat. Sekian artikel tentang gunting rambut sedikit saja dapat memberikan manfaat yang banyak, semoga bermanfaat.