Masalah Uban rambut, terkait Pemakaian Gel Rambut

By
Masalah uban rambut. Pernah ada orang yang bermasalah dengan uban rambut bertambah banyak. Orang tersebut pada waktu Sekolah Dasar kerap memakai wax atau yang dikenal juga dengan gel rambut. Jumlah uban bertambah terus hingga mencapai sekolah SMA. Di sini mungkin akan timbul pertanyaan. Apakah uban tersebut dapat bertambah parah disebabkan oleh pemakaian minyak rambut atau wax, jika memang iya, kemudian bagaimanakah cara untuk mengatasi problem rambut putih tersebut? Yang membuat Anda terlihat semakin tua, lebih dari usia yang seharusnya. Mari baca selengkapnya.


Masalah uban atau Rambut putih


Rambut yang berwarna putih itu disebut juga dengan istilah uban identik. Biasanya dialami oleh orang-orang dengan usia lanjut. Tetapi kondisi rambut putih tersebut juga dapat terjadi pada orang di luar usia lanjut tersebut, termasuk pada anak muda, mungkin karena beberapa kondisi yang mendasari. Kondisi-kondisi tersebut antara lain genetik atau keturunan, masalah tiroid, merokok, dan defisiensi vitamin B juga dapat menjadi faktor penyebab.

Melanin


Faktor penyebab terjadinya perubahan pada warna rambut menjadi putih itu karena pembentukan melanin di folikel rambut terhenti. Pemberian wax atau gel biasanya tak akan mempengaruhi kondisi tersebut, dengan kata lain tidak ada masalah. Sementara rambut putih yang muncul dikarenakan keadaan sama, yakni mempunyai rambut putih pada usia muda, di mana gen dari orang yang mempunyai keturunan tersebut mengalami pemberhentian dari produksi melanin di rambut, dengan begitu akan lebih cepat mengalami yang namanya warna rambut putih tersebut, walaupun usia mereka masih muda. Hingga sekarang ini memang masih belum berhasil ditemukan jika ada produk yang memang sudah benar-benar terbukti secara ilmiah bisa mencegah atau memperlambat pertumbuhan dari uban, baik vitamin, suplemen, protein, maupun pola makan tertentu.

Uban yang tumbuh terlalu dini

Pernah juga ada yang bertanya mengenai “Kapankah uban dianggap tumbuh terlalu cepat atau terlalu dini?

Biasanya orang Asia termasuk masyarakat Indonesia itu akan mengalami proses pertumbuhan uban di akhir dari umur 30 an. Rambut yang memutih kala usia sebelum itu bisa dianggap terlalu cepat. Atau terlalu dini. Warna rambut yang berubah terlalu dini itu belum tentu indikasi terjadi masalah kesehatan. Tetapi mungkin pada kasus-kasus tertentu dapat berbeda. Karena itu, jika Anda ragu, bisa konsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan.

Untuk alasan tersebut memang oleh kalangan medis sendiri masih belum diketahui dengan pasti, namun hal tersebut diduga memiliki kaitan dengan faktor keturunan atau faktor genetika. Apabila memang Anda merasa kurang nyaman karena uban yang tumbuh tersebut, maka alternatif penyelesaian yang dapat Anda lakukan adalah memakai cat atau pewarna rambut dengan hati-hati. Sekarang ada cukup banyak produk untuk memutihkan uban. Atau jika Anda lebih aman dan memutihkan uban berhasil sempurna, maka Anda dapat menyiapkan uang lebih dan membayar jasa salon.

Perlu Anda ketahui juga apabila uban itu cenderung lebih kering, karena itu produk pewarna rambut, jika memang Anda hendak menghitamkan uban tersebut, harus Anda pilih yang aman dan tepat. Dan jangan mewarnai rambut keseringan, karena nanti rambut menjadi rusak.

Tetapi apabila Anda tetap masih hendak memastikan faktor penyebab keluhan tersebut. Maka Anda dapat segera mengunjungi dokter spesialis. Untuk mendapatkan informasi dan kepastian tentang masalah yang Anda hadapi sekarang. Walaupun memang rata-rata masalah uban ini bukanlah sebuah masalah kesehatan yang serius, hanya mengganggu penampilan Anda saja. Sekian artikel tentang masalah uban rambut, terkait pemakaian produk gel rambut, semoga bermanfaat.