Memilih Shampoo tak boleh sembarangan

By
Info memilih shampoo tak boleh sembarangan. Dalam merawat rambut, ini merupakan salah satu hal penting yang tak boleh Anda abaikan. Jenis shampoo sekarang ini ada cukup banyak, Anda sebaiknya memilih yang memang sesuai ke kebutuhan perawatan rambut, dan juga sekaligus untuk menjaga kesehatan dari kulit kepala Anda sendiri. Harga shampoo yang lebih mahal itu belum tentu yang paling tepat bagi Anda. Sebab kebutuhan rambut antara tiap orang bisa berbeda-beda. Iklan shampoo pun juga jangan Anda percaya langsung begitu saja. Dalam usaha menemukan produk shampoo mana yang paling tepat bagi kulit kepala dan rambut, membaca kandungan di label shampoo tersebut sangatlah penting. Anda juga bisa mencoba hingga bermacam-macam merk, dan mencari yang paling cocok. Mari baca selengkapnya.

Shampoo untuk Rambut tipis


Bagi Anda dengan rambut yang tipis maka Anda dapat memakai produk shampoo yang memiliki kandungan ginseng, panthenol, dan bahan-bahan lainnya yang memiliki manfaat dalam menguatkan akar rambut Anda. Produk shampoo yang memiliki label volumizing merupakan yang cocok bagi Anda dengan problem rambut tipis.

Shampoo untuk Rambut yang Diwarnai


Bagi Anda dengan rambut yang diwarnai, maka sampo yang tepat adalah dengan pH (Tingkat keasaman) 4,5 hingga 5,5, karena dipercaya bisa membantu memproteksi warna rambut supaya tak pudar. Apabila kadar tersebut tak tercantum di kemasan produk shampo yang hendak Anda beli. Maka Anda bisa mencoba membelinya dengan cara online, ketikkan merk shampoonya, kemudian ketikkan “ph level” sampo tersebut. Sampo yang memiliki kandungan rumput laut dan minyak, juga merupakan produk yang tepat dalam melindungi warna rambut Anda.


Shampoo untuk Rambut kering


Yang ketiga, juga ada yang memiliki rambut kering. Jika Anda termasuk orang dengan rambut kering ini, maka produk shampoo yang tepat untuk Anda gunakan adalah shampoo yang memiliki kandungan minyak alami, yang dapat menjadi pelembab. Di label kandungan di kemasan shampoo tersebut, coba Anda cari yang terdapat bahan alpukat, minyak kelapa, minyak kacang, dan biji anggur. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan shampoo yang cocok bagi Anda dengan rambut kering.

Shampoo untuk Rambut berminyak


Yang berikutnya adalah shampoo bagi Anda dengan rambut berminyak. Anda sebaiknya menghindari shampoo yang menggunakan pelembut dan pelembab. Jadi berlawanan dengan produk shampoo bagi rambut kering, yang sudah dibahas sebelumnya. Anda bisa membeli shampoo yang memiliki kandungan minyak jeruk, minyak pohon teh, kamomil, rosemary, dalam membantu menyerap minyak di folikel rambut. Jenis rambut ini kerap mengalami masalah lainnya, yakni masalah ketombe. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memilih shampoo yang terdapat kandungan ketoconazole, selenium sulfida, maupun zinc pyrithione.

Anda juga harus memastikan jika shampoo yang Anda gunakan itu terdapat kandungan formaldehyde, cocamide diethanolamine, atau cocamide DEA, dan 1,4 – dioxane, dengan batas aman, ataupun tak menggunakan sama sekali. Karena bahan kimia itu merupakan bahan kimia yang termasuk berbahaya, sebab bisa memicu kanker, juga pernah beberapa kali ditemukan dengan jumlah berlebihan pada beberapa merk shampoo yang ada.

Jangan sembarangan dalam Memilih shampoo


Anda jangan mudah percaya pada iklan atau promosi shampoo yang gencar baik di televisi atau surat kabar. Memang mungkin shampoo tersebut cocok untuk Anda. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan bahan-bahan kandungan yang digunakan di shampoo tersebut, dan sesuaikan dengan tips yang kami bagikan di atas sebelumnya. Contohnya jika memakai shampoo yang menggunakan bahan pembersih terlalu kuat itu dapat menjadikan rambut Anda kehilangan protein keratin. Dan ini bukanlah sesuatu yang bagus untuk kondisi rambut Anda. Bahkan jika terlalu sering memakai shampoo, juga akan menyebabkan kelembaban alami rambut Anda jadi menghilang. Sekian artikel tentang memilih shampoo tak boleh sembarangan, semoga bermanfaat.