Mencegah Jerawat karena Poni Rambut

By
Jerawat disebabkan poni rambut dan cara mencegahnya. Mungkin Anda pernah mendengar dan bingung, apakah memang jerawat dapat disebabkan karena poni rambut? Belakangan rambut berponi sudah menjadi tren lagi. Di mana kelebihan dari model ini adalah lebih mudah untuk ditata. Selain itu poni rambut juga dapat membingkai wajah Anda, dengan begitu jika dilihat maka secara keseluruhan tampilan Anda pun menjadi lebih muda dan lebih segar dibandingkan sebelumnya. Namun apakah memang benar jika poni rambut ternyata dapat mengakibatkan munculnya gangguan jerawat, khususnya pada bagian dahi Anda? Mari baca selengkapnya.

Jerawat karena poni rambut


Ada berita buruk untuk Anda, di mana jerawat yang disebabkan oleh poni rambut ternyata memang benar-benar bisa terjadi dan bukan hanya kabar mitos saja. Gangguan jerawat dapat tumbuh karena sel kulit mati dan minyak menyumbat pori kulit. Di mana kondisi pori kulit yang tersumbat akhirnya akan terinfeksi bakteri dan jerawat pun tumbuh.

Mengapa poni dapat menyebabkan jerawatan?


Seperti yang diketahui jika dahi merupakan bagian T-zone wajah, di mana biasanya akan memproduksi minyak lebih banyak. Ketika poni menutupi daerah dahi Anda, maka minyak alami rambut beserta sel kulit mati yang berasal dari kepala pun akan luruh kemudian terperangkap pada area dahi. Tumpukan dari sel kulit mati dan minyak, digabungkan debu dan keringat yang berasal dari cuaca luar ruangan lembab dan panas, dapat mengakibatkan gangguan jerawat menjadi semakin meradang, muncul juga pada bagian dahi, khususnya apabila Anda memiliki jenis rambut yang berminyak. Juga, pemakaian dari beberapa macam produk perawatan rambut, contohnya kondisioner, shampoo, dan juga produk penataan rambut, itu dapat memicu jerawat di dahi muncul. Ketika Anda mandi, busa yang berasal dari kondisioner dan shampoo pun akan menetes kemudian menempel pada wajah dan dahi. Karena itu dapat memicu jerawat tumbuh.

Busa kondisioner dan shampoo

Busa dari kedua produk perawatan rambut tersebut juga dapat mengakibatkan folikulitis atau bintik-bintik kecil yang bernanah dan memiliki warna kemerahan serta terasa gatal layaknya jerawat, pada dada, dahi, serta punggung seseorang. Juga sama dengan produk untuk penataan rambut. Contohnya adalah pomade, mousse, ataupun gel, yang cenderung akan meleleh pada kulit wajah, khususnya pada bagian sekitar dahi dan garis rambut, sampai dengan menyumbat pori kemudian memicu terjadinya iritasi.

Cara mengatasi masalah jerawat karena rambut berponi

Sebelumnya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis jerawat apa yang muncul pada dahi Anda tersebut. Di mana terdapat 2 type jerawat yang biasanya menyerang pada lokasi tersebut, salah satunya adalah jenis whitehead.

Whitehead & Milia

Ini adalah jerawat bintik-bintik kecil. Sementara yang kedua adalah Milia. Whitehead bisa terbentuk secara gampang, dapat ditangani menggunakan metode eksfoliasi atau pengelupasan rutin, serta penggunaan obat jerawat topikal. Sementara untuk Milia, bisa terbentuk ketika sel kulit mati seseorang terperangkap dalam atau di bawah dari permukaan kulit, dan mengakibatkan benjolan keras dan kecil. Benjolan tersebut dapat ditangani menggunakan perawatan pada dermatologis. Contoh perawatan yang biasa dilakukan untuk mengatasi problem ini yakni retinoid (Vitamin A), peeling, facial, hingga prosedur pengangkatan jaringan. Baca juga krim perontok rambut.

Poni rambut dapat mengakibatkan jerawatan yang disebabkan kulit wajah tertutup oleh poni dan kulit wajah menjadi kesulitan bernafas. Karenanya, Anda dapat menjepit atau mengikat ke atas, lakukan itu pada poni rambut Anda saat Anda beraktivitas di rumah, dengan begitu Anda memberikan kesempatan pada kulit untuk bernafas sejenak. Anda dapat menggunakan bando ketika olahraga, dan menggunakan shower cap ketika melakukan proses perawatan rambut mingguan. Sekian artikel tentang mencegah jerawat karena poni rambut, semoga bermanfaat.