Mengapa rambut Alis itu Tidak Memanjang seperti Rambut di Kepala?

By
Mengapa rambut alis tak memanjang layaknya rambut pada kepala. Jika Anda melihat dan memikirkan lebih jauh. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa rambut alis berbeda dengan rambut yang ada di kepala Anda. Di mana rambut alis itu tak memanjang. Sementara untuk rambut yang ada di kepala, jika sudah dipotong maka akan menjadi panjang lagi seiring waktu sehingga Anda pun harus memotongnya lagi. Sebagian dari Anda tentu penasaran. Mari baca selengkapnya.

Rambut Alis tidak memanjang


Rambut pada alis seseorang itu tumbuh bukan berasal dari akarnya, jadi berbeda dengan rambut kepala, yang tumbuh dari akarnya. Melainkan rambut alis tumbuh dari part atau bagian luarnya. Oleh karena itu Cuma akan mencapai hingga batas panjang tertentu saja. Jika bagian rambut tersebut dicat di bagian dasarnya tetaplah berwarna layaknya cat rambut, karena itu dapat terlihat belang. Karena itulah sebabnya pertumbuhan pada rambut di alis itu tidak sama dengan pertumbuhan rambut di kepala. Sekarang Anda sudah mengetahuinya.

Pertumbuhan rambut


Berdasarkan data ditunjukkan apabila rata-rata manusia itu mengalami yang namanya proses pertumbuhan rambut memanjang sampai dengan 900.000 Meter untuk seluruh helai rambut, di sepanjang hidup manusia. Tetapi itu berbeda untuk alis dan bulu mata, yang tak memanjang layaknya rambut pada kepala Anda.

Siklus Pertumbuhan

Ini juga ikut berpengaruh. Siklus yang akan mengatur proses pertumbuhan rambut. Paling tidak terdapat 3 fase pertumbuhan dari kantong rambut, antara lain Catagen, Anagen, Telogen. Sekarang mari kita bahas satu per satu.

Anagen

Ini merupakan fase pertumbuhan, catagen adalah fase transisi, sementara telogen merupakan tahap istirahat. Kurang lebih 85% total rambut pada kepala seseorang itu ada pada tahap Anagen. Ketika sekarang ini, kantong rambut akan menumbuhkan sel baru juga helai rambut pun akan menjadi semakin panjang. Untuk rata-rata perpanjangan 15 cm setiap satu tahunnya.

Catagen

Yang berikutnya adalah tahap catagen. Pada tahap ini, kantong rambut seseorang akan mulai mengecil jadi seperenam panjang aslinya. Kondisi tersebut mengakibatkan helai rambut seseorang terlepas dari suplai darah, kemudian memaksanya terpisah dari wilayah permukaan kulit kepala. Kurang lebih setelah 2 minggu, fase telogen pun akan mengambil alih, rambut berdiam untuk beberapa bulan, dalam memulai fase dari awal kembali.

Telogen

Di fase yang ketiga ini, fase telogen, rambut seseorang akan mudah rontok atau terlepas. Kurang lebih antara 10 – 15 % rambut manusia ada pada fase telogen.

Pada tiap bagian tubuh, fase anagen yang terjadi itu berbeda-beda. Pertumbuhan dari rambut bulu mata Cuma tumbuh untuk jangka waktu 30 harian, sementara rambut kepala dapat mencapai hingga 6 bulan pertumbuhan. Jadi semakin lama waktu fase anagen, maka akan semakin panjang pula rambut dapat tumbuh. Hal tersebut yang menjadikan panjang rambut kepala seseorang berbeda dengan panjang dari rambut alis dan bulu mata. Juga Anda harus mengetahui jika kantong kulit kepala itu berbeda dibandingkan dengan semua yang Anda temukan pada bagian tubuh ditanami rambut. Jadi pada bagian itu akan bergantung pada protein daur ulang, yang berlebih, tak diperlukan, dalam menumbuhkan rambut untuk jangka waktu lama.

Waktu pasti bagi tiap fase dari pertumbuhan rambut tiap orang itu berbeda-beda juga, dan itu bergantung pada faktor genetik manusia. Apabila memang ada manusia yang dapat menumbuhkan rambut dengan tak biasa, maka kemungkinan jika fase anagen di kantung rambut pun berbeda dibandingkan dengan orang normal. Sekian artikel tentang alasan mengapa rambut alis seseorang itu tidak memanjang seperti rambut di kepala, semoga bermanfaat.