Minyak Kelapa mampu Menyuburkan Rambut, Apakah Sungguhan?

By
Minyak kelapa memang dipercaya memiliki banyak khasiat, termasuk untuk penyubur rambut alami, banyak masyarakat Indonesia yang percaya akan hal tersebut. Sesungguhnya apabila Anda melihat secara medis, dengan melihat kandungan dari minyak kelapa tersebut, maka Anda akan tahu jika hal tersebut tak tepat. Manfaat minyak kelapa ternyata bisa melembabkan tidak hanya kulit, tetapi juga melembabkan rambut. Minyak kelapa bahkan biasa digunakan untuk antibakteri ketika dioleskan. Mari baca selengkapnya.


Mitos tentang manfaat Minyak Kelapa


Para orang tua yang ada di Indonesia kerap percaya jika minyak kelapa dapat menyuburkan rambut. Oleh karena itu seringkali anak-anak dan bayi mereka dioleskan minyak kelapa, di rambutnya, dengan harapan rambut dapat tumbuh dengan tebal. Tetapi itu bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Jadi di sini tidak sungguhan. Sampai sekarang ini masih belum ada studi yang support jika minyak kelapa itu bisa membantu menjadikan rambut lebih subur. Terdapat bukti jika minyak kelapa yang sering digunakan di kulit tubuh dalam proses penggelapan kulit, atau yang sering dikenal juga dengan istilah proses tanning. Seorang ahli pernah menegaskan apabila benar minyak kelapa itu memiliki fungsi untuk penyubur rambut, tetapi dapat merangs*ng pertumbuhan rambut yang berlebihan di tubuh.

Kandungan minyak kelapa


Dalam minyak kelapa terdapat beberapa kandungan. Antara lain lemak dari jenis asam laurat, sesungguhnya diproduksi tubuh manusia. Penelitian menunjukkan jika kegunaan minyak kelapa saat dioleskan di kulit manusia adalah memperlambat pertumbuhan virus, jamur, dan bakteri, dan memiliki manfaat juga untuk anti radang. Walaupun tak bisa berfungsi untuk penyubur rambut, tetapi peneliti berhasil menemukan jika kegunaan asam laurat untuk pelembab rambut saat digunakan sebelum Anda mencuci rambut. Minyak kelapa alami lebih diutamakan, karena bebas dari bahan kimia, dan dapat memperoleh rambut yang sehat, bercahaya, dan juga lembut.

Memperbaiki kondisi rambut yang Rusak

Penelitian yang pernah dilakukan untuk membandingkan minyak kelapa dan minyak bunga matahari, juga minyak mineral. Kandungan minyak kelapa, asam laurat, terbukti bisa mengurangi kekurangan protein di rambut. Tetapi 2 jenis minyak yang lainnya, yang dijadikan perbandingan ternyata tak mempunyai manfaat sama.  Minyak kelapa terbukti bisa memasuki batang rambut, dengan begitu akan bisa mengatasi kerusakan pada rambut. Hal tersebut bisa digunakan bagi jenis rambut kering, yang diakibatkan oleh hawa panas dan pewarnaan yang berlebihan.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa murni (V*rgin coconut oil) ke rambut dengan merata, mulai ujung rambut. Kemudian Anda berikan pijatan ke kulit kepala untuk beberapa waktu. Apabila memang dibutuhkan, Anda dapat memakai sisir supaya minyak kelapa dapat merata. Anda sisir mulai akar sampai dengan ujung rambut.

Gulung atau kuncir rambut. Lalu Anda bungkus menggunakan penutup kepala. Kemudian Anda biarkanlah rambut tertutup untuk waktu satu malam. Sebagai alternatif, Anda bisa membiarkannya untuk jangka waktu 2 jam sesudah pengolesan. Tetapi semakin lama Anda mendiamkan minyak kelapa tersebut rambut pun akan menjadi semakin lembab. Bukalah penutup kepala lalu cuci rambut Anda. Anda dapat memakai shampoo yang bebas dari kandungan sulfat, dengan tujuan menghilangkan minyak kelapa tersebut dari rambut. Lalu Anda cuci rambut sebanyak 2 sampai dengan 3 kali, dengan begitu tangan Anda tak lagi akan terasa berminyak ketika Anda menyentuh rambut. Lalu segera Anda keringkan, dengan begitu rambut Anda akan lebih bercahaya dan terasa lembut juga. Sekian artikel tentang minyak kelapa mampu menyuburkan rambut itu apakah sungguhan, semoga bermanfaat.