Muncul bintik besar seperti Bengkak pada Kulit kepala

By
Mengapa muncul bintik besar seperti bengkak pada kulit kepala. Jika Anda mengalami kondisi yang satu ini Anda tentu merasa bingung. Bahkan bintik tersebut tidak hanya satu, melainkan ada beberapa buah. Tentu ini membuat Anda merasa khawatir. Apakah ini termasuk penyakit yang berbahaya atau tidak. Sesungguhnya mengenai kondisi tersebut, jika muncul bintik-bintik berukuran besar di kulit kepala, bisa disebabkan karena beberapa faktor. Antara lain karena efek samping obat, dermatitis kontak iritan, dermatitis kontak alergi, dermatitis seboroik, tinea capitis (Terjadinya infeksi karena jamur golongan dermatofita, tanda-tanda yang muncul yakni kelainan di kulit kepala, dan lama kelamaan mengakibatkan kebotakan). Tetapi memang kondisi yang ada belum tentu sama, karena itu Anda tetap kami sarankan untuk konsultasi ke dokter langsung, dengan begitu akan dapat dilakukan pemeriksaan pada kondisi kulit kepala. Juga dilakukan wawancara medis mengenai perjalanan penyakit tersebut.

Tips mengatasi bintik besar pada kulit kepala


Berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk sementara waktu, sebelum Anda memutuskan untuk konsultasi ke dokter.

Jika baru-baru ini Anda baru saja mengganti produk untuk rambut, produk pembersih rambut, antara lain krim, vitamin rambut, gel, pomade, dan lain-lain. Anda sebaiknya menghentikan pemakaian tersebut kemudian beralih menggunakan produk yang sudah biasa Anda gunakan. Juga Anda jangan lupa untuk menjaga kebersihan pada kulit kepala. Anda bisa memakai shampoo 1 hari 1 kali. Juga gunakan produk shampoo dengan kandungan zinc. Yang berikutnya, Anda bisa memakai shampoo khusus dengan fungsi anti jamur, di mana shampoo tersebut dapat Anda beli langsung di apotik. Konsumsi makanan bergizi. Juga hindari memakai penutup kepala, contohnya helm, topi, dan lain-lain. Apabila Anda berkendaraan menggunakan sepeda motor maka Anda harus memastikan jika helm Anda tidak lembab dan bersih. Jangan lupa cuci sarung bantal juga bantal di rumah yang Anda gunakan sekarang. Dan apabila tidak kunjung sembuh juga Anda bisa segera konsultasi ke dokter.

Kulit kepala bentol dan gatal


Alergi juga dapat menjadi faktor penyebab. Mengapa kulit kepala menjadi terasa gatal dan juga muncul bentol. Alergi ini dapat dialami oleh siapapun, sebab mengalami reaksi alergi yang berasal dari macam-macam produk perawatan rambut yang tidak cocok, yang Anda gunakan tiap hari, contohnya adalah minyak rambut. Jika Anda memang tidak cocok dan alergi pada produk tertentu, maka segera hentikan pemakaian. Jangan sayang karena sudah beli kemudian dipaksa memakainya. Faktor lain yang dapat menjadi dasar penyebab alergi karena kebiasaan mengeringkan rambut memakai hair dryer, di mana ini dapat memberikan rasa panas ke kulit kepala dan juga karena pemakaian hair spray yang dapat menyebabkan kulit kepala jadi iritasi dan kering. Hal tersebut akan memicu rasa gatal, lalu setelah Anda garuk dapat mengakibatkan iritasi terjadi, serta timbullah bentol-bentol di kulit kepala. Hindari memakai hair dryer dengan suhu paling panas. Apalagi dalam kondisi rambut Anda yang basah, sebab kulit kepala dapat menjadi rusak karena melakukan hal tersebut.

Kesimpulan


Jika penyebabnya karena alergi, maka cara satu-satunya adalah mengurangi hingga menghentikan pemakaian produk perawatan rambut yang menyebabkan alergi tersebut. Gunakan produk perawatan rambut herbal. Sebab memang beberapa produk perawatan rambut itu menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat mengakibatkan iritasi terjadi. Sekian artikel tentang muncul bintik besar seperti bengkak pada kulit kepala, semoga bermanfaat.