Pengobatan ketombe dengan metode alami dan Obat-obatan

By
Pengobatan ketombe menggunakan cara alami dan obat-obatan berbahan kimia. Memang 2 cara tersebut dapat Anda pilih. Ketombe selalu dapat dikendalikan untuk Anda ketahui, tetapi memang pengobatan ketombe itu memerlukan kesabaran, selain itu juga ketekunan dari diri Anda, jika ingin sembuh total. Untuk pengobatan paling sederhana yang dapat Anda coba yakni memakai shampoo anti-ketombe yang dapat Anda beli di toko-toko hingga supermarket dengan bebas. Tetapi dikarenakan produk shampoo tersebut yang semakin menjamur, maka Anda mungkin perlu untuk melakukan uji coba mengenai produk shampoo manakah yang paling tepat dan sesuai dengan jenis rambut Anda. Apabila memang terjadi reaksi panas, gatal-gatal, perih, atau mungkin reaksi alergi yang lain, maka itu berarti produk sampo tersebut tidak cocok dengan Anda dan segera hentikan pemakaian. Hubungi dokter jika dibutuhkan. Mari baca selengkapnya.

Shampoo anti ketombe


Terdapat banyak ragam pilihan shampoo anti ketombe yang sekarang ada di pasaran, yang dapat Anda beli. Berikut akan kami bagikan informasi mengenai beberapa macam produk shampoo tersebut, berdasarkan kandungannya.

Ketoconazole: Zat ini mempunyai dampak cukup kuat untuk digunakan sebagai obat anti jamur. Umumnya bahan ketoconazole dipakai apabila bahan yang lain tidak membuahkan hasil.

Selenium sulfide: Zat ini memiliki fungsi untuk memperlambat produksi dari sel kulit mati, selain itu juga berfungsi dalam membantu mengurangi pertumbuhan dari jamur. Bahan yang satu ini tak cocok digunakan bagi Anda dengan rambut yang sudah menjalani perawatan kimia sebelumnya, contohnya rambut sudah pernah diwarnai.

Shampoo dengan bahan Ter: Bahan yang satu ini (Ter), dapat membantu memperlambat produksi sel kulit mati. Seseorang dengan rambut yang berwarna terang, jenis shampoo ini bisa menyebabkan warna rambut berubah.

Salicylic acid: Dikenal juga dengan asam salisilat. Ini merupakan zat yang berguna untuk melembutkan juga membuang kulit mati, di mana biasanya kulit mati menumpuk di kulit kepala. Apabila terjadi kondisi kulit kering sesudah Anda menggunakan asam salisilat, maka Anda dapat memakai kondisioner atau pelembab rambut sesudah menggunakan shampoo yang menggunakan bahan yang satu ini.

Zinc pyrithione: Zat ini memiliki fungsi untuk membunuh jamur penyebab ketombe. Selain itu zinc pyrithione termasuk zat anti bakteri juga. Jadi memang zat ini bermanfaat ganda.

Anda bisa memijat kulit kepala ketika keramas menggunakan shampoo anti ketombe tersebut. Kemudian diamkan shampoo di rambut dengan jangka waktu minimal 5 menit, supaya bahan atau kandungan dari shampoo dapat bekerja dengan baik.

Intensitas penggunaan shampoo


Untuk intensitas penggunaan shampoo anti ketombe itu berbeda-beda. Dapat digunakan oleh Anda tiap hari maupun dua X dalam kurun waktu satu minggu. Anda dapat memeriksa petunjuk yang terdapat di kemasan produk shampoo yang Anda beli. Ada beberapa macam shampoo anti ketombe yang memang tak direkomendasikan untuk digunakan oleh wanita menyusui dan wanita hamil.

Bahan alami

Soda kue juga bisa digunakan untuk mengurangi ketombe, dan ini termasuk bahan alami yang direkomendasikan. Caranya basahi rambut kemudian Anda langsung oleskan soda kue ke kulit kepala sebanyak beberapa kali seminggu.

Selain itu juga bisa menggunakan lidah buaya. Cairan daun lidah buaya dipercaya bisa menyembuhkan kulit kepala bersisik pada penderita dermatitis seboroik juga mengatasi rasa gatal yang terjadi di kulit kepala. Sekian artikel tentang pengobatan ketombe dengan metode alami dan obat-obatan, semoga bermanfaat.