Penyebab dan Bagaimana cara mengatasi kulit kepala kering

By
Cara mengobati atau mengatasi kulit kepala kering dan ketahui juga faktor penyebab kulit kepala menjadi kering. Kulit kepala yang kering itu akan terasa gatal, di mana hal ini bisa mengganggu penampilan, serta membuat Anda merasa tidak nyaman. Ternyata kondisi kulit kepala kering juga dapat menjadi tanda jika terdapat masalah pada sistem antibodi tubuh seseorang. Mari baca selengkapnya.

Kulit kepala kering dan bercak bersisik


Kondisi kulit kepala kering ternyata bisa mengakibatkan munculnya bercak bersisik. Di mana bercak bersisik ini juga terasa gatal. Faktor penyebab kulit kering bervariasi. Antara lain masalah eksim, dermatitis seboroik, dan kulit kepala psoriasis. Kondisi dari kulit kepala yang kering direkomendasikan untuk segera Anda tangani, jangan ditunda-tunda, sebab bila terlambat ditangani kondisinya dapat bertambah parah. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda harus tahu terlebih dahulu akar masalahnya. Kemudian diatasi dari akar masalah tersebut.

Mengenal penyebab beserta cara mengatasi problem kulit kepala kering


Kulit kepala kering karena eksim. Eksim yang menyerang kulit bisa menjadikan kulit kepala Anda jadi bersisik, dan muncul rasa gatal yang benar-benar mengganggu. Eksim ini biasanya terjadi pada bayi atau anak-anak. Faktor penyebab eksim memang masih belum dimengerti dengan jelas hingga sekarang. Tetapi diduga berkaitan erat dengan respon aktif dari sistem antibodi tubuh terhadap unsur yang mengakibatkan iritasi. Dan riwayat alergi dan asma pun terkait dengan penyebab eksim. Jika akar masalah kulit kepala kering adalah eksim, maka Anda bisa memakai pengobatan menggunakan pelembab dan krim steroid, yang memang diresepkan dokter, jadi jangan beli sembarangan. Sebisa mungkin Anda jangan menggaruk kulit kepala, walaupun terasa gatal, coba tahan. Juga jangan memakai sabun yang menggunakan bahan keras, hindari itu.

Yang kedua bisa karena kondisi yang disebut kulit kepala psoriasis. Di kondisi yang satu ini, pada kulit kepala menjadi memerah serta bersisik, dikarenakan lapisan kulit yang menumpuk sampai berlapis-lapis. Kondisi tersebut tak hanya dapat terjadi pada kulit kepala saja, melainkan juga pada lokasi belakang leher, kening, dan belakang kuping. Beberapa ahli menyebutkan apabila kulit kepala psoriasis ini diakibatkan karena adanya gangguan sistem kekebalan, yang kemudian mengakibatkan pertumbuhan kulit menjadi terlalu cepat, lalu menumpuk. Psoriasis ini bisa mengakibatkan rasa gatal, luka berkerak tebal, yang bertahan lama. Apabila menggaruk kepala berlebihan bisa mengakibatkan rambut jadi rontok dan mengalami infeksi. Kondisi kulit kepala psoriasis bisa disembuhkan dengan memakai gel, krim, salep, sampo, sabun khusus, dan minyak. Juga dokter mungkin menyuntikkan steroid langsung di lokasi kulit kepala yang mengalami psoriasis tersebut. Apabila Anda menderita psoriasis tingkatan sedang sampai dengan parah, biasanya dokter memberikan obat or*l ataupun suntik. Antara lain metotreksat, kortikosteroid, cyclosporine, vitamin D deviratif, serta vitamin A deviratif.

Dermatitis seboroik juga dapat menjadi faktor penyebab mengapa kulit kepala menjadi kering. Disebut juga dengan nama eksim seboroik, ataupun ketombe. Diduga penyebab dermatitis seboroik yakni respon inflamasi terkait psoriasis, dan jamur Malassezia pada kulit kepala. Dibutuhkan perawatan berulang untuk menyembuhkan ini. Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk memakai shampoo untuk melawan ketombe, dan memberikan obat setelahnya. Khususnya jika penggunaan shampoo tersebut tidak berhasil mengatasi dermatitis seboroik yang diderita.

Kesimpulan

Kondisi kulit kepala kering tak hanya dapat mengganggu penampilan secara keseluruhan, apabila dibiarkan dapat bertambah parah. Dan akan menjadi semakin sulit untuk disembuhkan. Untuk Anda ketahui bahwa kulit kepala kering bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada kulit kepala, disebabkan oleh rasa gatal muncul terus dan Anda garuk. Sekian artikel tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasi kulit kepala kering, semoga bermanfaat.