Rambut Anak-anak tiba-tiba Menjadi Pitak hingga sebesar Koin

By
Rambut anak-anak yang tiba-tiba berubah menjadi pitak. Tidak tanggung-tanggung bahkan ukuran pitaknya mencapai sebesar koin. Tentunya Anda sebagai orang tua akan sangat kaget pada kondisi yang satu ini. Jadi terdapat bagian pitak dan putih-putih layaknya ketombe. Namun lebih bersisik, selain itu juga berwarna putih. Kira-kira apakah yang terjadi. Mengapa kondisi ini dapat terjadi pada anak Anda. Anda tentu penasaran dan ingin mencari tahu bagaimana cara untuk menyembuhkannya. Bukankah begitu? Apakah kondisi tersebut terjadi karena anak Anda terinfeksi jamur, dan jika memang iya, bagaimanakah cara pengobatan yang harus dilakukan. Mari baca selengkapnya.

Rambut anak jadi pitak


Berdasarkan informasi gejala-gejala yang terjadi di atas. Anak Anda kemungkinan besar mengalami kondisi infeksi jamur di kepala, dikenal juga dengan nama lain tinea capitis. Jadi tinea capitis ini terdapat beberapa jenis, jamur yang menjadi faktor penyebabnya juga beraneka ragam.

Jenis-jenis jamur tinea capitis


Berikut merupakan beberapa macam tinea capitis yang ada sekarang ini. Tinea capitis dengan type black dot. Untuk jenis yang satu ini, umumnya kepala botak diakibatkan karena jamur yang menjadikan rambut patah dengan mudah, tetapi ada sisa patahan rambut hingga beberapa mili, dan dikenal dengan istilah black dot. Yakni patahan rambut yang memang tersisa. Pada bagian atas rambut patah juga akan terlihat adanya jamur atau spora dengan warna keputihan dan melekat.

Tinea capitis Grey patch

Selain itu juga ada tinea capitis grey patch. Untuk jenis yang kedua ini dapat mengakibatkan keluhan yang serupa, jadi sama dengan keluhan karena tinea capitis black dot, tetapi patahan rambut yang tersisa itu akan lebih pendek, dan mungkin patah sampai dengan pangkal tidak terlihat atau tidak tampak sisa rambut. Juga, spora jamur pun jumlahnya lebih banyak dan menutupi area botak, karena itu akan terlihat keabu-abuan, oleh karena itu dikenal dengan istilah grey patch.

Tinea capitis Kerion

Yang ketiga ada juga tinea capitis kerion. Untuk jenis ketiga ini merupakan jenis yang dapat dibilang paling berat. Apabila terinfeksi maka tanda radang akan benar-benar nampak dengan jelas. Ada area kepala yang menjadi botak dikarenakan kondisi bengkak, kemerahan, selain itu juga ada beberapa nodul yang berisi nanah. Seringkali luka jamur yang ditimbulkan itu menyebabkan munculnya bau amis, jadi bau yang menyerupai bau menyengat dari mousy odor atau kencing tikus. Faktor penyebab kebotakan atau rambut yang tampak bersisik yang lain yakni karena dermatitis seboroik, trikotilomania, alopesia areata, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyebab

Apabila memang Anda mau memastikan tentang faktor penyebabnya. Memang langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksakan diri atau konsultasi ke dokter, tetapi harus dokter spesialis kulit. Sebab memang bagiannya.

Tes

Biasanya dokter akan merekomendasikan anak Anda untuk melakukan beberapa tes. Di antaranya adalah tes darah, tes lampu wood, pengambilan sampel rambut, kemudian dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Dengan begitu hasil yang didapatkan pun lebih akurat. Dan pengobatan yang tepat dapat diberikan. Itu semua tergantung dari pertimbangan oleh dokter.

Pengobatan

Apabila memang benar jika faktor penyebab gangguan pada rambut dan kulit kepala anak, sehingga anak menjadi pitak, benar karena infeksi jamur atau tinea capitis. Maka metode pengobatan yang dilakukan yakni menggunakan shampoo, salep, obat ora* ataupun obat minum. Dan bergantung pada kondisi pasien, serta luas infeksi jamur tersebut. Sekian artikel tentang rambut anak-anak tiba-tiba menjadi pitak hingga sebesar koin, semoga bermanfaat.