Rambut berubah dari Lurus menjadi Keriting, Penyebab, Cara Memulihkan

By
Cara mengatasi rambut berubah dari lurus menjadi keriting. Rambut lurus memang adalah dambaan setiap orang. Banyak orang yang bahkan rela pergi ke salon untuk mendapatkan rambut lurus tersebut. Beberapa orang memang beruntung karena memiliki rambut yang tidak hanya lurus tetapi juga halus. Tetapi pada suatu waktu berubah ke ikat agak keriting, sesungguhnya apa yang menyebabkan kondisi ini dapat terjadi dan menimpa Anda, dan yang terpenting apakah akan bisa kembali seperti semula atau tidak. Mari baca selengkapnya.

Faktor Penyebab


Biasanya yang menjadi penyebab mengapa rambut lurus dapat berubah menjadi ikal atau keriting di dunia medis itu masih tak diketahui. Walaupun begitu, untuk faktor penyebab, terdapat beberapa hal yang diduga memberikan pengaruh pada kondisi atau perubahan rambut tersebut. Beberapa faktor tersebut antara lain hormonal, usia, bahan kimia, genetis, paparan sinar UV, obat-obatan, serta perlakuan kepada rambut. Contohnya apakah rambut sering dicatok, sering dikucir, sering di hair dryer, dan lain-lain.

Tak perlu khawatir


Anda sesungguhnya tidak perlu stress dan merasa khawatir terhadap kondisi ini, kondisi apabila rambut berubah menjadi keriting. Di mana rambut keriting dan rambut lurus itu Cuma sebatas masalah selera. Jadi selama rambut Anda tetap dalam kondisi kuat dan sehat, maka bukan masalah besar apabila rambut Anda berubah ke model keriting. Ini dari sudut pandang kesehatan atau medis. Bukan berarti rambut keriting itu membuat Anda terlihat tak menarik. Di mana juga ada orang-orang yang sebelumnya memiliki rambut lurus tetapi ingin mengeriting rambut mereka supaya terlihat lebih bervolume, jadi sekali lagi ini memang hanyalah masalah selera saja.

Cara memulihkan rambut keriting ke rambut lurus

Tetapi apabila Anda memang masih ingin memiliki rambut lurus kembali seperti sedia kala, maka ada hal yang dapat coba Anda lakukan. Anda dapat mencoba melakukan metode pelurusan rambut baik di salon ataupun di rumah, yakni dengan perawatan catok, smoothing, rebonding, dan lain sebagainya. Untuk perawatan detail dan harganya, Anda dapat bertanya langsung ke salon yang bersangkutan. Biasanya salon di kota kecil pun juga mampu untuk melakukan ini.

Tetapi ada hal yang wajib untuk Anda ingat, di mana proses atau tindakan untuk meluruskan rambut itu ternyata dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan rambut. Karena itu dibutuhkan perawatan rambut lebih lagi, supaya rambut tetap dalam kondisi sehat dan indah.

Hindari kebiasaan buruk ini

Beberapa kebiasaan buruk berikut dapat mengubah rambut lurus ke rambut keriting. Karena itu jika Anda tak menginginkan itu terjadi. Anda sebaiknya menghindari beberapa kebiasaan ini.

Kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan handuk

Biasanya orang-orang sudah terbiasa untuk mengeringkan rambut memakai handuk sebab bisa menyerap air secara maksimal dan sempurna. Tetapi fakta menunjukkan apabila Anda memakai handuk itu bisa menjadikan rambut keriting, khususnya jika Anda melakukan dengan intensif atau sering.

Keramas menggunakan suhu air tak tepat

Faktor penyebab kedua adalah suhu air yang Anda gunakan ketika keramas. Mungkin ini adalah sebuah hal yang terdengar sederhana, namun dengan Anda memilih air panas atau air dingin, itu adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda sebaiknya memakai air hangat pada tahap awal keramas, juga Anda jangan lupa untuk memakai shampoo. Sesudahnya jangan lupa untuk memakai air dingin dalam membilas kondisioner yang Anda gunakan sebelumnya.

Sekian artikel tentang rambut berubah dari lurus menjadi keriting, penyebab dan cara memulihkan, semoga bermanfaat.