Rambut rontok dan selera Makan rendah, Apakah ada Hubungannya?

By
Terkadang Anda sering mengalami kerontokan rambut. Tetapi ada gangguan kesehatan yang juga Anda alami. Di mana setiap hari pasti kondisi rambut rontok tersebut terjadi, dan tiap kali bersisir pasti mengalami rambut rontok juga. Begitu pula ketika mandi dan hanya memegang-megang rambut, juga terkadang mengalami kerontokan. Jika kondisi ini menimpa Anda, Anda mungkin khawatir apabila ternyata ada penyakit yang menggerogoti tubuh Anda. Karena ternyata selera makan Anda juga ikut terpengaruh. Di mana Anda jadi sulit makan, dan berefek ke berat badan yang jadi sulit bertambah. Apakah kondisi ini memiliki kaitan dengan gangguan pencernaan, ataukah ada masalah kesehatan yang lain. Mari baca selengkapnya.

Pemeriksaan


Atas gejala-gejala yang Anda alami, akan sangat sulit ditentukan jika gejala yang ada tak spesifik pada penyakit tertentu. Oleh karena itu memang langkah yang paling baik yang sebaiknya Anda ambil adalah dengan melakukan pemeriksaan, juga jangan lupa berkonsultasi pada dokter, dengan tujuan mengetahui penyebab terjadinya keluhan pada diri Anda. Terdapat banyak faktor penyebab mengapa berat badan menjadi sulit bertambah, kerontokan rambut, dan lemas.

Pertama, yang akan kami bahas di sini adalah mengenai tinggi dan berat badan Anda. Jika IMT atau Indeks Masa Tubuh Anda yakni 17,15, itu menandakan jika berat badan tubuh Anda berkurang. Terdapat beberapa kondisi yang umumnya akan mengakibatkan berat badan seseorang berkurang dari normal, beberapa di antaranya dapat Anda baca sekarang.

Penyakit Celiac, umumnya dapat memberikan beberapa tanda-tanda, contohnya diare berkepanjangan, dan masalah susah BAB, sakit kepala, muntah, hingga nafsu makan yang menurun, dan mengakibatkan tubuh jadi kekurangan makanan dan nutrisi penting, karena tubuh tak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan dengan baik.

Kelebihan Hormon Tiroid


Atau hipertiroidisme, dengan kata lain kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga bisa menjadi faktor penyebab. Tanda-tanda umum dari gangguan hipertiroidisme yakni berat badan menjadi susah bertambah, badan gampang berkeringat, dada jadi suka berdebar-debar, tangan gemetaran, dan masih banyak lagi.

Juga bisa karena anoreksia nervosa atau gangguan makan. Kondisi ini adalah gangguan psikologis yang diakibatkan karena ketakutan berat badan meningkat berlebihan. Penderitanya benar-benar memperhatikan bentuk tubuh pada depan cermin. Selain itu tanda-tanda lainnya yakni suka olahraga berlebihan, bahkan memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan serta lain sebagainya.

Apabila memang Anda mengalami gejala di atas, maka Anda sebaiknya mengkonsultasikan masalah tersebut dengan segera ke dokter. Gejala seperti badan yang sering merasa lelah, itu dapat diakibatkan karena anemia atau kurang darah. Tanda-tanda yang kerap muncul di penderita anemia, yakni badan menjadi terasa lemas, muka pucat, kepala terasa pusing, dan menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Tak hanya anemia saja, beberapa faktor penyebab yang lain, adalah gula darah rendah, hipoglikemi, tekanan darah rendah, atau hipotensi.

Kerontokan rambut tak normal

Untuk kerontokan rambut yang tak normal, apabila jumlah helai rambut rontok melebihi 100 per harinya. Bahkan selama kurun waktu 3 tahun an, penumbuhan rambut tak terjadi. Tiap hari rambut yang normal itu mengalami kerontokan dengan jumlah antara 40 sampai dengan 120 helai / hari, dan rambut rontok tersebut dapat tumbuh kembali. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi kerontokan rambut, karena kerontokan rambut merupakan sebuah hal yang wajar.

Anda dapat mencoba olahraga dengan teratur, makan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta sumber makanan protein tanpa lemak, contohnya tahu, tempe, daging ayam tanpa kulit, hindari stress, konsumsi makanan porsi kecil tetapi teratur, konsumsi cemilan sehat, contohnya buah dan kacang-kacangan. Sekian artikel tentang rambut rontok dan selera makan rendah, apakah ada hubungannya? Semoga bermanfaat.