Rambut Rontok dari Akar dan cara Mengatasinya

By
Rambut rontok dari akar memang membuat risau. Walaupun beberapa hal sudah Anda lakukan tetapi kondisi tersebut tetap terjadi, Anda tentu takut jika masalah kebotakan akhirnya menghampiri Anda. Rambut yang botak dan tipis sudah tentu membuat seseorang merasa sangat kesal, karena penampilan mereka pun akan menjadi terlihat lebih buruk. Belum lagi karena rambut yang tipis tersebut maka mereka tak dapat menata rambut yang sesuai keinginan dan selera mereka. Faktor penyebab rambut rontok bisa oleh beberapa hal. Karenanya, Anda perlu mengetahui apa sajakah yang menjadi faktor penyebabnya, dengan begitu Anda pun bisa mencari cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah rambut rontok dari akarnya, dan juga mencegahnya terulang kembali. Contoh yang dapat Anda lakukan yakni memakai produk perawatan rambut tertentu. Apabila Anda menggunakannya dengan teratur dan rutin maka masalah rambut rontok pun akan dapat segera teratasi. Mari baca selengkapnya.

Faktor penyebab rambut rontok


Yang pertama adalah karena hormon. Seiring usia seseorang yang bertambah maka akan menyebabkan hormon dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang. Contohnya yakni perubahan hormon kala seorang wanita hamil & melahirkan. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang dapat dengan mudah mengalami kondisi kerontokan rambut. Yang kedua adalah penyakit, kerontokan rambut juga dapat terjadi karena beberapa serangan penyakit, contohnya adalah penyakit diabetes dan tifus. Yang ketiga karena stress, di mana ini merupakan penyebab umum yang sudah sering terjadi pada orang-orang. Jika mengalami stress maka ketidakseimbangan hormon dalam tubuh pun akan terjadi. Dan hormon yang berfungsi mengatur proses pertumbuhan rambut akan ikut terganggu. Stress dalam jangka panjang dapat mengakibatkan tubuh mengalami namanya kelelahan, tak segar, dan berefek pada akar rambut, juga mengalami kelemahan dan hingga akhirnya masalah rambut rontok pun datang.

Cara mengatasi masalah rambut rontok dari akarnya


Sekarang Anda sudah mengetahui faktor penyebabnya. Anda harus menyelesaikan atau memilih solusi berdasarkan pada apa faktor penyebab kondisi rambut rontok yang Anda alami tersebut.

Zat besi

Tiap bulannya seorang wanita dapat mengalami menstruasi, karenanya pada seorang wanita rentan pada anemia, kondisi kekurangan zat besi. Ada penelitian yang pernah dilakukan dan menunjukkan jika defisiensi zat besi itu ternyata merupakan faktor penyebab terjadinya kerontokan rambut pada seorang wanita. Untuk sumber zat besi pada makanan keseharian, contohnya adalah sayuran hijau, hati, dan daging yang berwarna merah.

Vitamin B12

Untuk vitamin B12, sumbernya adalah daging-dagingan dan telur. Karenanya Anda akan membutuhkan suplemen vitamin B12 untuk Anda yang tak senang mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut.

Biotin

Suplemen makanan yang lain yang juga direkomendasikan untuk Anda konsumsi yakni biotin. Di mana biotin ini sudah umum dipakai oleh para dokter dalam menjalankan terapi kerontokan rambut. Karena zat tersebut adalah komponen utama dari proses pertumbuhan rambut, kuku, dan juga kulit. Anda dapat saja memperoleh biotin alami yang berasal dari beberapa jenis makanan, yakni kuning telur dan hati, tetapi terkadang itu tidak mencukupi, dan Anda masih membutuhkan asupan biotin dengan jumlah lebih banyak. Oleh sebab itu, memang akan menjadi lebih praktis jika Anda bisa mengkonsumsi biotin tersebut dengan bentuk suplemen makanan. Di mana Anda dapat menemukan suplemen biotin dengan mudah di apotik terdekat. Sekian artikel tentang rambut rontok dari akarnya, semoga bermanfaat.