Rambut rontok karena Jamur, Saya harus Bagaimana?

By
Jamur ternyata bisa mengakibatkan rambut rontok. Jadi Anda harus berhati-hati, dan bagaimana cara penanganan yang tepat untuk itu. Sekarang Anda akan menemukan jawabannya, kami akan membagikan informasi lengkap mengenai masalah ini, pada kesempatan artikel sekarang. Tidak sedikit orang yang mengeluh jika mereka mengalami gangguan kerontokan rambut yang benar-benar parah, dan penampilan menjadi tidak terlihat keren dan cantik lagi, karena rambut menjadi tipis, padahal usia masih cukup muda. Setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium ditemukan jika pada kulit kepala ada jamur spora beserta hipa. Di dalam pengobatan yang dilakukan, terkadang diberikan minoxidil untuk penumbuh rambut. Tetapi pernah ada pasien yang mengatakan jika setelah 2 bulan berlalu, rambut masih rontok, kira-kira kenapa bisa begitu?

Kulit Kepala terinfeksi oleh jamur dan mengakibatkan rambut Rontok


Infeksi jamur faktor penyebab kerontokan rambut itu memiliki nama khusus, yakni “Tinea Kapitis”. Ini merupakan jenis dari penyakit jamur yang akan menyerang akar dan batang rambut, dan sebagai efeknya yakni kerontokan rambut pun terjadi. Tanda-tanda terserang Tinea Kapitis itu beragam pada tiap penderita, mulai kulit kepala menjadi bersisik, contohnya ketombe tanpa ada peradangan kulit kepala hingga kepala bersisik disertai peradangan kulit kepala, juga disertai kondisi rambut rontok. Dalam usaha untuk mendiagnosis, maka kerokan kulit kepala pun perlu untuk dilakukan. Selain itu juga dapat mencabut rambut pada tempat yang mengalami gejala, kemudian diperiksakan hasilnya di lab, dengan begitu hasil yang akurat pun akan bisa diperoleh. Diagnosis lebih tepat berarti pengobatan yang lebih tepat dan efektif juga, Anda juga dapat membeli obat dengan lebih murah, karena tidak perlu terlalu banyak, tetapi ini berdasarkan keputusan dokter.

Diagnosis


Sesudah berhasil didiagnosis, umumnya penderita akan mendapatkan pengobatan anti jamur serta diberikan shampo khusus yang dapat mencegah penyebaran dari jamur tersebut. Sehingga infeksi jamur pun tidak bertambah parah. Pengobatan Cuma perlu menggunakan salep antijamur, umumnya tak efektif, karena itu pengobatan metode ini tidak direkomendasikan untuk Anda lakukan. Umumnya penderita akan mendapatkan obat yang memang cocok untuk kondisi infeksi ini, yakni tablet anti jamur, dan pemberian tersebut dilakukan hingga beberapa minggu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Minoxidil

Untuk Anda ketahui bahwa Minoxidil itu bukan obat anti-jamur, melainkan hanya untuk proses menumbuhkan rambut namun tak akan mengobati faktor penyebab kerontokan rambut karena infeksi jamur. Karena itu berdasarkan kasus pasien penyakit infeksi jamur ini, setelah menggunakan Minoxidil, ternyata kerontokan tetap terjadi, itu karena infeksi jamur masih ada. Jadi penyebab atau sumber utama kerontokan tidak diatasi. Jika memang kerontokan masih terjadi maka disarankan bagi Anda untuk tetap memeriksakan diri ke dokter lagi, sebab tak terdapat perbaikan gejala. Apabila perlu maka Anda sebaiknya meminta pendapat dari dokter lain. Tetapi jangan lupa ceritakan atau konsultasikan pada dokter lain tersebut bahwa sebelumnya Anda sudah pernah diberi resep obat dan menggunakan Minoxidil, tetapi kerontokan tetap terjadi.

Tablet antijamur

Tablet yang satu ini harus diminum untuk jangka waktu berminggu-minggu, tidak bisa hanya sebentar saja. Untuk beberapa kasus pasien infeksi jamur, infeksi yang terjadi juga dapat merusak rambut beserta struktur akarnya, dengan begitu bisa mengakibatkan jaringan parut serta kebotakan permanen di daerah yang mengalami infeksi jamur tersebut. Sekian artikel tentang cara mengatasi rambut rontok disebabkan oleh jamur, semoga bermanfaat.