Rambut tumbuh ke dalam, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

By
Rambut yang tumbuh ke dalam. Ini merupakan sebuah kondisi di mana terdapat rambut yang sudah tumbuh ke balik dari lapisan kulit. Biasanya rambut yang tumbuh ke dalam ini dialami oleh orang dengan rambut keriting atau rambut ikal. Rambut yang tumbuh ke dalam ini bisa Anda hindari, caranya dengan tak mencukur dan tak mencabut rambut, namun apabila hal tersebut tak Anda hindari, cara mencukur atau mencabut rambut yang beresiko rambut tumbuh ke arah dalam lebih sedikit bisa dijadikan alternatif. Dengan kata lain memilih cara mencukur atau mencabut rambut yang tepat. Mari baca selengkapnya.

Faktor penyebab rambut tumbuh ke arah Dalam


Rambut yang tumbuh ke dalam kemudian meradang adalah reaksi alami dari kulit, dan pada kondisi ini yang menganggap jika rambut merupakan benda asing yang masuk dalam tubuh seseorang. Selain dengan mencukur, kondisi rambut tumbuh ke dalam juga disebabkan karena rambut sering dicabut menggunakan waxing dan pinset. Apabila mencukur sembari menarik ataupun meregangkan kulit itu dapat mengakibatkan potongan rambut tertinggal kembali, dan tertarik menuju balik lapisan kulit, kemudian tumbuh ke arah dalam lapisan kulit, jadi di luar yang seharusnya. Untuk mencabut rambut menggunakan pinset bisa menyebabkan sebagian dari rambut pada bawah lapisan kulit tertinggal.

Struktur


Arah dan struktur dari tumbuh rambut ternyata juga memiliki peran besar mengapa rambut lalu tumbuh ke arah dalam. Melengkungnya folikel rambut akan menghasilkan rambut ikal dan ujung tajam, karena rambut yang baru saja dicukur dapat masuk kembali pada balik kulit dengan begitu rambut akan tumbuh kembali, dan itu faktor penyebab mengapa pemilik rambut ikal atau rambut keriting itu adalah kelompok orang yang kerap mengalami kondisi tersebut.

Gejala Rambut Tumbuh ke Arah Dalam Kulit

Berikut beberapa gejalanya, antara lain muncul luka kecil dengan isi nanah yang terlihat seperti pustul atau bisul. Gejala kedua, ada rambut yang tertanam, dan berikutnya muncul rasa sakit atau gatal di area yang mengalami kondisi ini, juga warna kulit menjadi lebih gelap apabila dibandingkan pada warna kulit sekitarnya, dikarenakan hiperpigmentasi, dan terakhir muncul benjolan bulat kecil padat atau penuh, di mana benjolan ini nampak seperti jerawat.

Diagnosis

Dokter kulit dan dokter umum dapat mendiagnosis kondisi rambut tumbuh ke dalam. Cara mendiagnosisnya adalah dengan memperhatikan kondisi dari kulit, serta mencari tahu bagaimana kebiasaan pasien, terkait menghilangkan rambut di tubuh mereka.

Cara mengobati

Menyembuhkan kondisi rambut tumbuh ke dalam bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah, sebagai alternatif sebelum Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit atau dokter umum. Tetapi cara ini harus Anda lakukan dengan ekstra hati-hati, supaya kulit tidak luka.

Pertama, Anda bersihkan daerah rambut tumbuh ke arah dalam menggunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut, lap, boleh juga memakai scrub. Lakukan itu menggunakan gerakan memutar untuk beberapa menit. Untuk waktu yang direkomendasikan yakni tiap sebelum Anda mencukur, maupun waktu tidur.

Kedua, Anda juga bisa menggunakan jarum yang steril. Untuk caranya yakni perlahan Anda tusukan jarum pada kulit, tujuannya mengangkat ujung rambut yang bermasalah tumbuh ke dalam.

Terakhir, Anda jangan memencet kulit dengan tujuan mengeluarkan rambut yang dari kulit tersebut, karena jika Anda melakukan hal tersebut maka dapat merusak lapisan kulit kemudian menyebabkan infeksi.

Pengobatan untuk Kondisi lebih serius

Dokter biasanya akan memberikan beberapa resep obat-obatan, contohnya krim yang memiliki kandungan steroid, dengan tujuan mengurangi peradangan. Kedua, obat atau krim minum, dengan tujuan menangani infeksi. Selain itu terkadang menggunakan lotion antibiotik yang berfungsi untuk menyembuhkan area yang terluka karena garukan, sebab infeksi jamur membuat kulit kepala menjadi gatal dan bisa jadi kulit kepala terluka karena garukan kuku yang tajam dan terus menerus. Juga terkadang diberikan obat untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati. Di mana obat ini berguna untuk mengurangi warna gelap, selain itu ketebalan kulit untuk area di mana ada rambut yang tumbuh ke arah dalam kulit. Sekian artikel tentang rambut tumbuh ke dalam, penyebab, gejala, cara mengobati, semoga bermanfaat.