Tanda-tanda atau Gejala Psoriasis

By
Mengenali gejala Psoriasis. Intensitas gejala Psoriasis tiap pasien tidaklah sama. Beberapa orang mengalami gejala yang ringan, tetapi juga ada penderita yang bahkan sama sekali tak mengalami gejala hingga kurun waktu tertentu. Tetapi gejala itu kemudian dapat bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan penderita Psoriasis untuk beberapa minggu, bahkan beberapa bulan, sampai akhirnya berhenti atau berkurang. Tak semua orang yang mengidap Psoriasis mendapatkan gejala sama, sebab jenis penyakit Psoriasis ada banyak. Tetapi Anda dapat melihat gejalanya secara umum. Mari baca selengkapnya.

Gejala umum penyakit Psoriasis


Berikut merupakan beberapa gejala umum dari Psoriasis. Antara lain sendi kaku dan membengkak, kuku menebal dan memiliki tekstur tak rata, kulit jadi pecah-pecah hingga berdarah. Dan juga ada gejala seperti bagian kulit yang memerah dan terasa tebal, bersisik, dan juga menjadi kering.

Psoriasis kuku


Untuk gejala dari Psoriasis kuku antara lain kuku hancur atau hanya terlepas, pertumbuhan kuku jadi tidak normal, cekungan kecil muncul pada kuku. Dan perubahan pada warna kuku. Semua itu merupakan ciri dari Psoriasis kuku. Pengidap penyakit Psoriasis banyak mengalami gejala tersebut pada kukunya.

Psoriasis kulit kepala

Juga ada jenis Psoriasis kulit kepala. Jenis penyakit Psoriasis yang satu ini dapat mengakibatkan gejala seperti sisik tebal muncul di seluruh atau hanya sebagian kulit kepala. Sisik tebal tersebut juga terasa gatal mengganggu. Untuk kasus lebih parah, dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut, walaupun umumnya hanya terjadi sementara saja. Ruam itu kadang dapat melebar sampai dengan melewati garis rambut. Untuk bagian kulit yang mengelupas akan berguguran, kemudian terlihat putih, layaknya ketombe.

Psoriasis Gutata

Yang berikutnya adalah jenis Psoriasis Gutata. Gejalanya antara lain muncul bintik-bintik ruam yang seperti tetesan air. Di mana ruam tersebut dilapisi oleh sisik, umumnya dapat muncul di bagian atas tubuh penderita, tungkai kaki, lengan, hingga kulit kepala. Jenis Psoriasis yang satu ini lebih serang terjadi pada remaja dan anak-anak, tetapi juga terkadang muncul sesudah seseorang mengalami radang atau infeksi tenggorokan.

Psoriasis Plak

Selain itu juga ada penyakit Psoriasis plak. Ini adalah jenis yang paling umum menyerang seseorang. Penyakit Psoriasis jenis ini dapat mengakibatkan ruam, hingga luka kering, bersisik keperakan, dan merah di kulit, yang dikenal dengan sebutan plak. Pada plak tersebut terasa benar-benar gatal, dan perih, plak bisa muncul pada bagian tubuh di manapun. Tetapi khususnya pada bagian siku, kulit kepala, dan kulit lutut. Untuk kondisi yang lebih parah, lokasi kulit sekitar sendi dapat berdarah dan pecah-pecah karenanya.

Artritis Psoriasis

Tak hanya kulit bersisik dan iritasi saja, dan juga perubahan pada warna kuku. Intensitas dari tanda-tanda Psoriasis bervariasi, serta bisa menyerang sendi yang manapun. Sendi yang sudah terinfeksi dapat berubah menjadi kaku, serta kerusakannya bisa berpotensi jadi cacat permanen.

Psoriasis Eritrodermik

Gejala dari jenis Psoriasis ini, adalah ruam mengelupas dan terasa gatal, juga perih, terjadi pada seluruh tubuh. Jenis penyakit Psoriasis yang satu ini dapat mempengaruhi kadar protein dan cairan dalam tubuh, karena itu dapat mengakibatkan infeksi, dehidrasi, hipotermia, gagal jantung, dan malnutrisi.

Apabila memang Anda sudah merasakan beberapa gejala dari penyakit Psoriasis, maka jangan tunda lagi, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini. Sebelum bertambah parah. Sekian artikel tentang gejala Psoriasis, semoga bermanfaat.