Tips Perawatan Rambut Pria dengan Rambut Panjang

By
Cara merawat rambut panjang pria. Sekarang tidak hanya wanita yang senang memiliki rambut panjang. Seorang pria juga tidak menutup kemungkinan memiliki rambut panjang. Pria dengan rambut panjang, yang dapat merawat rambut mereka dengan cara yang tepat dan baik maka dapat mempunyai penampilan yang terlihat luar biasa. Tetapi memang di sini, ada hal yang harus diakui, di mana proses perawatan rambut panjang tersebut dapat menambah pekerjaan rumah untuk seorang pria berambut gondrong. Jadi sebelum Anda mengambil keputusan memanjangkan rambut, memang cara-cara merawatnya sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu. Berdasarkan pendapat seorang ahli rambut yang bernama David Alexander, disebutkan jika perawatan rambut yang baik itu benar-benar penting dalam menjaga kondisi terbaik dari rambut panjang yang Anda miliki. Mari baca selengkapnya.

Apabila Anda merusak mobil (Hanya sebagai contoh), umumnya mobil tersebut masih dapat Anda perbaiki hingga menjadi bagus seperti semula. Tetapi akan berbeda halnya dengan rambut, di mana secara umum rambut tak dapat diperbaiki. Pada dasarnya, hanyalah protein yang tanpa asupan darah, serta tak ada cara menyembuhkan atau memperbaiki kondisi rambut apabila sudah terlanjur rusak. Itu adalah pendapat seorang profesional, jadi tingkat kebenarannya sudah tentu tinggi dibandingkan pendapat awam.

Cara Merawat rambut supaya tidak rusak


Memotong ujung rambut dengan teratur


Apabila Anda memakai produk conditioner rambut, namun rambut panjang yang Anda miliki itu selalu bercabang. Disarankan supaya Anda memangkas sepanjang beberapa cm saja tiap 1 atau 2 bulan. Selain itu juga sebaiknya Anda mengatakan pada stylist atau tukang cukur rambut Anda supaya memangkas hanya di bagian rambut bercabang saja, jadi tidak semuanya.

Melonggarkan topi dan ikat rambut

Langkah ke dua yang tidak boleh Anda lewatkan, apabila Anda adalah seorang pria dengan rambut panjang yang terbiasa memakai topi dan mengikat rambut. Maka Anda harus ingat untuk jangan terlalu kencang dalam memakainya, biarkan saja longgar. Apabila Anda memakainya dengan terlalu ketat, jadi rambut tertarik terlalu kencang, maka dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada kondisi kesehatan rambut. Di mana ada kondisi bernama traction alopecia akan terjadi. Ini adalah sebuah kondisi di mana rambut mengalami kerontokan disebabkan karena akar rambut yang rusak.

Memakai peralatan yang benar atau tepat

Dalam merawat rambut panjang itu sama saja dengan merawat mobil. Apabila Anda tak memakai peralatan untuk merawat yang benar, maka perubahan menjadi lebih baik hanyalah mimpi. Jadi Anda wajib memakai peralatan yang bagus dan tepat. Di mana Anda akan membutuhkan sisir bergigi lebar, serta sikat berkualitas yang menggunakan bulu alami. Dipaparkan apabila Anda mengikat rambut, Anda sebaiknya tidak memakai gelang karet, sebab dapat merusak rambut. Untuk alternatifnya, Anda dapat memakai gelang yang berlapis kain.

Keramas rutin dengan cara yang baik

Anda mungkin juga dapat keramas 1 minggu sekali ketika rambut Anda cepak. Tetapi sesudah rambut melebihi batas telinga, maka setiap hari Anda dapat keramas apabila rambut Anda itu termasuk rambut yang jenis berminyak. Boleh juga keramas 2 hari 1x apabila jenis rambut Anda adalah rambut kering. Anda sebaiknya juga memilih jenis shampoo serta conditioner yang memang sesuai berdasarkan jenis rambut yang Anda miliki. Tepat sebelum Anda mandi, ketika rambut masih di dalam kondisi kering, Anda sisirlah rambut mulai akar hingga ujung rambut. Selain itu Anda harus memastikan jika rambut tak kusut. Setelahnya Anda baru basahi rambut menggunakan air hangat kemudian gosok shampoo hingga ujung akar rambut memakai jari-jari Anda. Sesudah 2 sampai dengan 3 menit, Anda basuhlah rambut secara perlahan hingga bersih. Kemudian Anda sisir dengan perlahan mulai ujung akar sampai dengan ujung rambut, Anda lakukan itu sebelum memakai conditioner.

Rata-rata produk conditioner yang ada di pasaran itu membutuhkan waktu antara 2 sampai dengan 3 menit untuk Anda diamkan terlebih dahulu. Tetapi Anda cukup mengikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan conditioner tersebut, tidak perlu bingung. Anda basuh & bersihkan conditioner menggunakan air dingin. Apabila Anda memakai air panas dalam membilas shampoo berikut conditioner, dapat menghilangkan minyak alami yang bermanfaat bagi kulit kepala yang Anda miliki.

Kunci dalam merawat rambut panjang adalah dengan menjaga rambut supaya tetap terhidrasi. Sekian artikel tentang tips perawatan rambut pria dengan rambut panjang, semoga bermanfaat.